Kunjungan Kepala Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan ke Suaka Margasatwa Barumun dalam rangka persiapan pembangunan sanctuary Harimau Sumatra

DSC_5272 (1)

Kepala Pusat Keteknikan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, drh. Indra Exploitasia, melakukan peninjauan ke lapangan (photo credit: suhut tampubolon)

Dalam rangka penyusunan standar pengelolaan lingkungan berupa disain keteknikan sanctuary untuk mendukung sistem pengelolaan KPHK SM Barumun, pada tanggal 30 Mei 2016 Kepala Pusat Keteknikan Kehutanan dan Lingkungan drh. Indra Exploitasia melakukan peninjauan langsung ke SM Barumun. Kunjungan dimaksudkan sebagai bagian dari penyusunan Detail Engineering Design (DED) Sanctuary dalam sistem pengelolaan KPHK SM Barumun serta mengkoordinasikan persiapan peresmian KPHK SM Barumun. Dalam kunjungan tersebut, drh. Indra Exploitasia bersama tim Balai Besar melakukan pengecekan pada kandang rehabilitasi yang telah dibangun dan rencana pembangunan kandang habituasi. Kandang rehabilitasi ini akan berfungsi sebagai tempat pemulihan Harimau Sumatera untuk mencapai kemampuan fisik, psikologis dan sosial yang maksimal. Setelah Harimau Sumatera menjalani proses rehabilitasi dan perilakunya sudah kembali liar, maka akan dipindahkan ke kandang habituasi untuk belajar mengenal habitat lepasliarnya. Kandang habituasi berfungsi sebagai ‘rumah sementara’ Harimau Sumatera di tengah hutan untuk beradapatasi dengan habitat dan pakan alami sebelum dilepasliar.

%d blogger menyukai ini: