PELEPASLIARAN ORANGUTAN SUMATERA

4

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara didampingi Direktur SOCP sedang memberikan keterangan/penjelasan kepada awak media (photo credit: evansus manalu)

Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama dengan Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) – Sumatran Orangutan Conservation Programme (SOCP) melepasliarkan 4 ekor Orangutan Sumatera (Pongo abelii) ke hutan di Pusat Reintrodusir Jantho, Aceh, Senin, 14 November 2016. Keempat orangutan yang berumur 5-8 tahun ini merupakan hasil sitaan petugas dari masyarakat pada tahun 2013 dan 2015.

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr.Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For., kepada awak media menyampaikan, bahwa upaya konservasi satwa liar, termasuk Orangutan Sumatera, tidak cukup hanya dilakukan Balai Besar KSDA Sumut, tetapi juga bekerjasama dengan berbagai pihak/instansi, seperti pemerintah daerah, kepolisian, bea dan cukai, karantina, maupun lembaga-lembaga mitra kerja seperti YEL-SOCP.

Direktur SOCP, Ian Singleton, mengatakan sejak 2001 sudah direhabilitasi dan dilepasliarkan sekitar 270 ekor orangutan ke beberapa kawasan konservasi, seperti : Pusat Reintroduksi Bukit 30 Jambi, Pusat Reintroduksi Jantho Aceh dan Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

%d blogger menyukai ini: