TRANSLOKASI SI “GADIS”

2

“Gadis” dimasukkan dalam kandang transit (photo credit: evansus manalu)

Pada tanggal 7 Nopember 2016, Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama dengan beberapa lembaga mitra kerja, melakukan trans lokasi si Gadis, Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrensis) betina dari Kantor Balai Taman Nasional Batang Gadis, Penyabungan Kabupaten Mandailing Natal ke lokasi Sanctuary Harimau Barumun di Desa Batu Nanggar Kecamatan Batang Onang Kabupaten Padang Lawas Utara.

Seperti diketahui, bahwa  Gadis, merupakan korban perangkap/jeratan warga masyarakat di Desa Batu Madinding Kabupaten Mandailing Natal, sekitar tanggal 23-24 November 2015. Akibat jeratan tersebut, kaki depan sebelah kanan mengalami infeksi dan pembusukan. Tim dokter yang merawat harimau pada saat itu, memutuskan untuk memutus penyebaran infeksi, maka harus dilakukan operasi amputasi. Operasi berhasil, dan untuk perawatan dilakukan secara intens di Kantor Balai Taman Nasional Batang Gadis di Penyabungan.

Setelah sekitar 1 tahun kemudian, tepatnya tanggal 7 Nopember 2016, si Gadis di trans lokasi ke Sanctuary Harimau Barumun, setelah sebelumnya dilakukan serah terima dari Kepala Balai Taman Nasional Batang Gadis, Ir. Bambang Harianto kepada Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diwakili Kepala Bidang Teknis, Ir. Garendel Siboro, M.Si. dan disaksikan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mandailing Natal, M. Safii Lubis.

%d blogger menyukai ini: