Hari Bumi di TWA Sibolangit

Hari Bumi Tahun 2017, kembali diperingati. Momentum penting ini tidak dilewatkan begitu saja. Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe dan Resort Konservasi Wilayah Sibolangit mengekspresikan Hari Bumi ini dengan menggelar berbagai acara.

Dengan mengusung thema “Bumi Milik Kita Bersama, Mari Kita Merawat Bumi Untuk Kelangsungan Hidup”, peringatan Hari Bumi tahun ini dimaksudkan untuk menggugah apresiasi dan kepedulian generasi muda terhadap planet bumi yang kita tempati.

Acara yang digelar di Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, pada Sabtu, 29 April 2017, diikuti oleh siswa/i (pelajar) dari SMA Negeri 1 Wampu, Kabupaten Langkat sebanyak 48 orang, SMP Negeri 2 Sibolangit sebanyak 20 orang, Karang Taruna  Kecamatan Sibolangit, Remaja Mesjid dan lembaga mitra kerjasama Balai Besar KSDA Sumatera Utara (ISCP, YOSL-OIC, SOCP dan Yayasan Scorpion).

Rangkaian acara yang disajikan dalam peringatan tersebut berupa : penyambutan peserta dengan adat Karo, upacara, penanaman pohon secara simbolis yang diiringi dengan tarian adat Karo Mbuah Page, pelepasan satwa liar yaitu : 2 ekor Macan, 1 ekor Kukang dan 1 ekor Lutung Kelabu, field trip ke kawasan TWA Sibolangit, aksi bersih sampah sekitar TWA Sibolangit dan kuis konservasi bagi pelajar.

4 ekor satwa liar tersebut dilepasliarkan ke kawasan hutan di Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang dan kawasan hutan di Sicike-cike, Kabupaten Dairi, yang merupakan habitatnya. Satwa-satwa tersebut ada yang diserahkan masyakarat kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui lembaga mitra kerjasama.

Semua peserta berharap, agar peringatan Hari Bumi tetap dilaksanakan/ diselenggarakan di tahun-tahun yang akan datang sebagai media edukasi bagi generasi muda. (Samuel S)

%d blogger menyukai ini: