Warga Serahkan Siamang

Penyerahan satwa Siamang kepada petugas Bidang KSDA Wilayah III Padangsidimpuan (photo credit: darmawan)

Seorang warga Desa Lingga Tiga, Kecamatan Bilah Hulu, Kabupaten Labuhanbatu, Dewi Afriani, 40 tahun, menyerahkan seekor satwa liar yang dilindungi jenis simpanse, Siamang (Hylobatidae), pada Sabtu, 15 April 2017, kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah V Sipirok.

Satwa yang berusia empat tahun, bernama Suneo, bermula dipelihara oleh  Dewi Afriani, ketika membuka areal perkebunan di kawasan Sorek, Riau. Saat itu pekerja kebunnya mendapati bayi Siamang jatuh dari pepohonan. Bayi Siamang tersebut kemudian dirawat dan dipeliharanya.

Serah terima satwa yang dilindungi Undang-undang ini dilakukan di Markas Kepolisian Resort (Mapolres) Labuhan Batu. Kanit Tindak Pidana Tertentu (Tipiter) Polres Labuhan Batu, Iptu Aman Purba, menjelaskan, pihak kepolisian awalnya mendapat informasi tentang keberadaan Siamang di rumah warga.

Mendapat informasi itu, pihaknya turun ke lokasi dan benar mendapatkan seekor Siamang yang dipelihara di kediaman Dewi Afriani. Saat itu pemilik tak dapat menunjukan surat-surat/dokumen berupa izin pemeliharaan atau penangkaran, hingga satwa yang dilindungi tersebut diamankan ke Mapolres Labuhan Batu, dan selanjutnya diserahterimakan ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Untuk perawatan selanjutnya, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah VI Kota Pinang, menitipkan Siamang tersebut ke Yayasan Bodhicitta Mandala. (Darmawan).

%d blogger menyukai ini: