Penyerahan Elang Brontok

WhatsApp Image 2017-05-11 at 17.06.20

Petugas BBKSDA Sumatera Utara menerima penyerahan satwa liar Elang Brontok dari masyarakat (photo credit: iqbal nasution)

Kali ini satwa jenis Elang Brontok, yang diserahkan warga kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Tepatnya hari Rabu, 10 Mei 2017, warga bernama Sumeri, penduduk jl. Melati Pasar Merah Kota Medan, menyerahkan 1 (satu) ekor Elang Brontok yang dipeliharanya kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Keberadaan satwa peliharaan ini sebelumnya diinformasikan oleh masyarakat kepada petugas. Lalu petugas, yang didampingi dari lembaga mitra kerjasama Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Yayasan Scorpion Indonesia, melakukan pendekatan dan penyadaran kepada pemilik, bahwa satwa tersebut dilindungi dan sebaiknya dilepasliarkan ke kawasan.

Setelah mendapat penjelasan, dan dengan kesadaran sendiri, pemilik kemudian menyerahkannya. Untuk pemeriksaan kondisi kesehatan serta perawatan lanjutan sebelum dilepasliarkan, Elang Brontok tersebut dititipkan sementara di Tempat Penampungan Satwa (TPS) Sibolangit, pada Kamis (11/5).

M. Ali Iqbal Nasution, staf Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, menjelaskan bahwa penyerahan satwa jenis Elang ini, merupakan yang pertama di tahun 2017. Biasanya penyerahan untuk jenis satwa Kukang. “Semoga ini menjadi contoh bagi pemelihara satwa lainnya, untuk dengan kesadaran sendiri segera menyerahkannya kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara,” ujar Iqbal. (Evan).

%d blogger menyukai ini: