PENYERAHAN KUKANG HASIL PERDAGANGAN ILLEGAL

WhatsApp Image 2017-07-26 at 16.22.57

Penyerahan Kukang oleh masyarakat (photo credit: fitrii noor ch)

Perdagangan satwa liar illegal melalui media on-line kembali terjadi. Kali ini Kukang menjadi korban perdagangan tersebut. Seorang mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Sumatera Utara, tertarik dengan penawaran 1 (satu) ekor Kukang melalui media on-line. Setelah tawar menawar transaksi pun terjadi di salah satu Pasar Swalayan.

Sesudah memiliki satwa liar tersebut, si mahasiswa mencari informasi tentang pakannya dengan menghubungi Komunitas Kukangku, dan mendapat penjelasan bahwa Kukang merupakan satwa liar yang dilindungi Undang-undang, oleh karena itu sebaiknya diserahkan kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk dilepasliarkan ke alam, ujar Fitri Noor Ch., S.Hut., MP., Pengendali Ekosistem Hutan (PEH).

“Mendengar penjelasan tersebut si mahasiswa segera menghubungi Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan menyerahkan Kukang dalam keadaan baik dan kondisi fisik tubuh yang lengkap, pada Jumat, 21 Juli 2017” jelas Fitri Noor.

Penasaran dengan si penjual, si mahasiswa mencoba menghubunginya, namun blog-nya telah dihapus sehingga tidak bisa dikonfirmasi. Oleh karena itu, Fitri Noor mengingatkan kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam perdagangan khususnya satwa liar yang dilindungi undang-undang, karena ini akan berdampak  hukum nantinya.

%d blogger menyukai ini: