PENGAMANAN SATWA DILINDUNGI

Bermula dari informasi masyarakat tentang keberadaan beberapa jenis satwa yang dilindungi undang-undang, di lokasi Taman Rekreasi Liliwangsa, tepatnya di Nagori (Desa) Sido Tani, Kecamatan Bandar, Kabupaten Simalungun. Bermodalkan informasi tersebut, pada Jumat, 11 Agustus 2017, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, Zainuddin beserta staf, langsung meluncur ke lokasi dan menemui pemiliknya, Sdr. Tumin.

Di lokasi, Tim Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran menemukan beberapa jenis satwa yang dilindungi, seperti : 2 (dua) ekor Buaya Muara serta 1 (satu) ekor Siamang, dan  selanjutnya menyampaikan penjelasan kepada pemilik, bahwa menurut Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya, setiap orang (barangsiapa) dilarang untuk menyimpan, memiliki, dan memelihara satwa yang dilindungi dalam keadaan hidup (Pasal 21 ayat 2a). Oleh karena itu, diminta kepada si pemilik untuk menyerahkan satwa dimaksud kepada pemerintah dalam hal ini Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

“Pemilik satwa menjelaskan bahwa satwa yang dilindungi tersebut sudah cukup lama dipeliharanya, dan setelah mendengarkan penjelasan petugas, yang bersangkutan menyatakan bersedia secara sukarela menyerahkannya kepada petugas,” ujar Zainuddin.

Setelah mendapat persetujuan dari sipemilik, Tim gabungan dari Bidang Konservasi Wilayah II Pematang Siantar dan Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, dibantu pihak Penangkaran UD Alian Ruswan, mengangkut satwa dimaksud, masing-masing : 2 ekor buaya muara (1 ekor berukuran besar dengan usia diperkirakan sekitar 8 tahun, dan 1 ekor lagi berukuran kecil diperkirakan berusia sekitar 4 tahun) untuk selanjutnya dititipkan di lokasi Penangkaran Buaya UD Alian Ruswan di Simpang Gambus, serta 1 ekor Siamang diserahkan ke kantor Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

Dengan berhasilnya pengamanan ini, Zainuddin menyampaikan apresiasi kepada masyarakat yang telah memberikan informasi, dan berharap agar di waktu-waktu yang akan datang apabila masyarakat ada menemukan siapa saja yang menyimpan, memiliki dan memelihara jenis satwa liar yang dilindungi undang-undang, agar segera memberitahukan/menginformasikannya kepada petugas, untuk dilakukan tindakan pengamanan.

%d blogger menyukai ini: