Penyerahan Buaya Senyulong

Screen Shot 2017-10-16 at 10.51.19

Petugas BBKSDA Sumatera Utara mengamankan buaya hasil penyerahan (photo credit: presli butar-butar)

Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, pada Kamis,  12  Oktober 2017, melakukan kegiatan pengamanan dan evakuasi satwa liar 2 (dua) ekor Buaya Senyulong (Tomistoma schlegelii) di Kota Kisaran.

Kedua ekor buaya tersebut diserahkan dari si penyimpan/pemelihara, masing-masing Hj. Rosdiana dan Homer. Menurut keterangan keluarga Hj. Rosdiana, warga Jalan Sisingamangaraja Gang Amal No. 15 Kisaran, bahwa buaya dimaksud dibeli oleh putranya alm. Darma Vinaya, dari salah seorang nelayan di daerah sungai Dua Kecamatan Simpang Empat.

Sejak umur 2 tahun buaya ini dipelihara dan dirawat oleh almarhum, dan sekarang diperkirakan berusia sekitar 7 tahun. Menurut Zainuddin, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, dalam penjelasannya kepada si penyimpan/pemelihara, bahwa buaya Senyulong ini termasuk salah satu hewan yang dilindungi Undang-undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya serta Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa Liar.

“Kami mengimbau kepada masyarakat yang memiliki hewan piaraan termasuk hewan yang dilindungi undang-undang tanpa izin, agar segera menyerahkan ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara, karena bila tidak diserahkan perbuatan tersebut dapat dipidana dengan pidana penjara maksimal 5 tahun dan atau denda maksimal        Rp. 100 juta”, ujar Zainuddin.

Selanjutnya kedua ekor buaya yang dievakuasi, dititipkan ke PT. Galatta Lestarindo di Pancurbatu Kabupaten Deli Serdang, untuk mendapat perawatan.

%d blogger menyukai ini: