AUDIENSI BBKSDA SUMATERA UTARA DAN KODAM I BUKIT BARISAN

Rabu, 18 Oktober 2017, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, beserta jajarannya melakukan kunjungan ke KODAM I Bukit Barisan dalam rangka audiensi upaya konservasi dan permasalahannya di Provinsi Sumatera Utara. Dalam acara tersebut, Pangdam I Bukit Barisan, Mayjend. Cucu  Somantri, menerima langsung rombongan BBKSDA Sumatera Utara.

Pada kesempatan tersebut, kepala balai besar menyampaikan 3 (tiga) isu strategis terkait upaya konservasi di Prov. Sumatera Utara. Pertama, maraknya perambahan kawasan konservasi dalam bentuk perkebunan sawit dan karet menjadi persoalan yang perlu segera untuk ditangani dan dituntaskan. Kedua, peredaran tumbuhan dan satwa liar yang dilindungi beserta bagian tubuhnya secara ilegal masih kerap terjadi sehingga memerlukan komitmen bersama dalam penanggulangannya. Ketiga, kejadian kebakaran hutan di kawasan hutan harus dapat diturunkan dan ditangani secara lebih serius sebagai bentuk antisipasi bencana nasional kebakaran hutan yang pernah terjadi di Riau.

Menanggapi ketiga isu tersebut diatas, Pangdam I Bukit Barisan memberikan respons positif terutama dalam upaya pemulihan kawasan hutan. TNI telah menjadi mitra Kementerian LHK selama bertahun-tahun dalam kegiatan rehabilitasi hutan. Terkait isu lainnya, TNI bersedia untuk membantu penyelesaian permasalahan konservasi yang ada, dimana diharapkan BBKSDA Sumatera Utara harus menjadi inisiator dan KODAM I Bukit Barisan akan menjadi supporter dan katalisator.

%d blogger menyukai ini: