MENGGANTUNG ASA DI TEST CPNS

Panas terik yang menyengat, sedikitpun tidak menyurutkan semangat peserta Test CPNS Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Tahun 2017. Mereka rela menunggu antrian dibawa tenda yang biasa digunakan oleh pasukan TNI, untuk dapat diregistrasi dan mengikuti ujian.

Test CPNS yang berlangsung selama 2 (dua) hari, Selasa dan Rabu (24 s.d 25 Oktober 2017) dilaksanakan di Markas Komando Distrik Militer (Kodam) I Bukit Barisan, Jln. Jend. Gatot Subroto Medan.

Test hari pertama, dipantau langsung oleh Kepala Biro Kepegawaian Kementerian LHK, Ir. Erni Mayani, MM. didampingi Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For.

Dalam arahannya kepada Panitia, Kepala Biro Kepegawaian menyampaikan bahwa tahun 2017 ini, Kementerian LHK membuka penerimaan CPNS untuk formasi sebanyak 700 orang, dalam 3 kategori jabatan, yaitu Fungsional Polisi Kehutanan (Polhut), Fungsional Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dan Fungsional Pengawas Lingkungan.

“Yang mendaftar jumlahnya mencapai 23.000 orang, dan yang memenuhi syarat administrasi sekitar 13.000 orang. Khusus di Medan, yang mengikuti test terdaftar sebanyak 1.806 orang,” ujar Erni menjelaskan tingginya antusiasme warga untuk mengikuti test.

Selanjutnya, Karo Kepegawaian, menjelaskan bahwa penerimaan tahun ini dikhususkan  untuk tingkat pendidikan Sarjana (S1) dan Diploma (D3). Ada 2 (dua) tahapan test yang akan dilaksanakan, yaitu Seleksi Kemampuan Dasar (yang sedang dilakukan), dan bagi yang lulus nantinya akan mengikuti Test Kompertensi Bidang (meliputi psikotest, kesamaptaan serta pengetahuan umum dan pengetahuan dibidang LHK).

“Mengingat pentingnya kegiatan dua hari ini, saya berharap agar bapak/ibu panitia dapat bekerja dengan penuh dedikasi dan ikhlas. Jadikan pekerjaan ini sebagai amal ibadah kita,” ujar Erni menyemangati panitia.

Sementara itu, Panitia dari Biro Kepegawaian Kementerian LHK, Didy Djunaedi, S.Hut., menambahkan, bahwa pelaksanaan tes CPNS ini dilakukan di 5 kota di Indonesia, yaitu : Jakarta, Surabaya, Banjar Baru, Medan, Makasar dan Jayapura. Sistim seleksi CPNS yang dilakukan sekarang ini secara Nasional dengan menggunakan Computer Asisted Test (CAD) oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Pelaksanaan tes selama dua hari berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan dan gangguan yang berarti. Peserta sangat antusias mengikutinya. Ada wajah yang sumringah dengan senyum, setelah mengetahui hasil kelulusan, sementara sebagian lagi sedikit lesuh karena dinyatakan gagal (tidak lulus).

Besar harapan hasil test tahun ini akan mendapatkan calon-calon Aparatu Sipil Negara (ASN) Kementerian LHK yang berdedikasi dan berkualitas menuju kepada Kementerian LHK yang lebih baik dikemudian hari, semoga….

%d blogger menyukai ini: