KEBAKARAN DI SEKITAR SM. BARUMUN

Tindakan yang tidak bijaksana dari warga masyarakat Desa Simardona, dengan membakar lahannya untuk kegiatan perladangan, nyaris berdampak buruk terhadap kawasan SM. Barumun. Sekitar 50 hektar di kawasan SM. Barumun menjadi korban lalapan si jago merah.

Peristiwa itu terjadi pada Senin, 20 November 2017, bermula dari laporan Koordinator mahout gajah Barumun, tentang terjadinya kebakaran di sekitar kawasan tersebut. Api terlihat jelas dari barak gajah. Menindak lanjuti laporan dimaksud, Kepala Seksi Konservasi Wilayah VI Kotapinang, Darmawan, S.Hut., M.Sc., segera berkoordinasi dengan Manggala Agni Daerah Operasional (Daops) 01 Langga Payung, Labuhan Batu.

Upaya pemadaman dilakukan kerjasama antara petugas Resort SM. Barumun, mahout gajah Barumun dan petugas dari Manggala Agni. Lewat tengah malam api berhasil dipadamkan sehingga tidak sampai meluas dan tidak sampai masuk ke kawasan SM. Barumun.

“Kami sudah memberikan peringatan dan penyuluhan kepada masyarakat Desa Simardona yang berada disekitar kawasan SM. Barumun supaya tidak membuka ladang dengan cara membakar,” ujar Darmawan mengakhiri laporannya.

%d blogger menyukai ini: