PEMULANGAN “ROBERT” KE JAMBI

WhatsApp Image 2018-02-12 at 14.03.32

“Robert” dalam masa pemulihan (photo credit: dian rohdiana)

Masih ingat Robert, si Orangutan Sumatera yang pada tanggal 26 Desember 2017 lalu, diserahkan ke Pusat Karantina Orangutan Sumatera (PKOS) Batu Mbelin, Sibolangit, untuk menjalani perawatan dan penanganan medis akibat mengalami patah tulang di Stasiun Reintroduksi Bukit Tiga Puluh Jambi.

Tim Medis dari Sumateran Orangutan Conservation Program  (SOCP)  yang dibantu oleh dr. Andreas Messikomer, ahli Orthopedi berkebangsaan Swiss, pada tanggal 27 Desember 2017, segera melakukan operasi reposisi tulang, dan operasi tersebut dinyatakan berhasil.

Selanjutnya, Yayasan Ekosistem Lestari (YEL) melaporkan bahwa Orangutan Robert telah selesai menjalani operasi dan perawatan serta siap untuk dikembalikan ke Stasiun Reintroduksi Bukit Tigapuluh di Jambi.

Menindaklanjuti laporan tersebut, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara melakukan pemeriksaan, dan kemudian mengirimkan kembali Robert ke Stasiun Reintroduksi Bukit Tigapuluh Jambi, pada tanggal 5 Februari 2018. Robert tiba di Jambi pada tanggal 7 Februari 2018, bersamaan dengan 6 (enam) ekor Orangutan Sumatera lainnya yang juga telah selesai masa rehabilitasinya di PKOS Sibolangit.

%d blogger menyukai ini: