EVAKUASI ORANGUTAN SUMATRA DI DUSUN PENAMPEAN, BATANG SERANGAN

WhatsApp Image 2018-03-06 at 21.52.48

Orangutan yang diselamatkan (photo credit: herbert aritonang)

Selasa (06/03) Tim Gabungan terdiri atas BBKSDA Sumatera Utara, BBTN Gunung Leuser,OIC dan WCS kembali melakukan kegiatan penyelematan 1 individu Orangutan (OU) Sumatra jenis kelamin betina umur 30 tahun. Penyelamatan dilakukan pada pukul 14.15 di Dusun Penampean Desa Sei Musam Kec. Batang Serangan.

Pada saat diselamatkan, kondisi OU kelihatan kurus, banyak luka tubuh pada bagian jari telunjuk kiri hampir putus, telapak kaki kiri ada luka, bibir atas ada peluru, kaki kanan ada peluru dan jari kelingking kaki kiri hilang. Keberadaan OU pertama kali dilaporkan oleh masyarakat yg melihat OU berada di perladangan penduduk dan tampak sakit.

Berdasarkan pemeriksaan medis yang dilakukan, OU harus menjalani perawatan intensif dan selanjutnya dibawa ke pusat karantina OU Batu Mbelin Sibolangit. Sebagai informasi, sehari sebelumnya tim gabungan berhasil melakukan penyelamatan terhadap 1 individu OU yang memasuki perladangan penduduk pada Desa Serdang Kec. Batang Serangan. OU tersebut kemudian ditranslokasi ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

%d blogger menyukai ini: