WARGA SERAHKAN KURA-KURA GADING

WhatsApp Image 2018-03-09 at 09.46.11

Kura-kura Gading yang berhasil diselamatkan (phot credit: iqbal nasution)

Bermula dari Quick Response yang diinformasikan oleh warga masyarakat melalui call centre 085376699066 tentang didapatkannya seekor kura-kura saat memancing di sungai di seputaran jalan Karya Jaya gang Meteorologi, Kota Medan. Menindaklanjuti laporan tersebut, Team Balai Besar KSDA Sumatera Utara turun ke lokasi, pada Rabu, 7 Maret 2018, dan melakukan identifikasi.

Hasil identifikasi, dipastikan bahwa yang ditemukan warga adalah Kura-kura Gading (Orlitia bornoensis). Kura-kura ini diperkirakan sebelumnya dipelihara oleh warga yang kemudian terlepas atau dibuang. Pada punggungnya ditemukan bekas coretan. Kura-kura yang dilindungi undang-undang ini, terkena pancingan warga yang sedang memancing dan mata kail menempel di mulutnya.

Selanjutnya kura-kura tersebut dievakuasi oleh Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara ke Taman Margasatwa Medan (Medan Zoo) guna pemeriksaan kondisi kesehatannya. Dan direncanakan satwa ini nantinya akan dilepasliarkan (direlease) ke kawasan Suaka Margasatwa (SM). Karang Gading/Langkat Timur Laut.

%d blogger menyukai ini: