HUTAN ADALAH MAHA TAMAN TEMPAT KITA BEKERJA

Picture1

UPT Kementerian LHK bersama dengan Dinas Kehutanan Prov. Sumatera Utara melaksanakan upacara bersama (photo credit: evansus manalu)

Hari Bhakti Rimbawan Ke-35 Tahun 2018, kembali diperingati. Kali ini mengangkat tema “Melalui Bakti Rimbawan, Kita Tingkatkan Pengelolaan Lingkungan Hidup untuk Kesejahteraan Rakyat”. Khusus untuk Propinsi Sumatera Utara, peringatan dilaksanakan secara sederhana, dan puncaknya dilakukan upacara pada Jumat, 16 Maret 2018, di halaman Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara.

Upacara dihadiri oleh seluruh Rimbawan Sumatera Utara, baik lingkup UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Dinas Kehutanan. Bertindak sebagai pembina upacara, Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara, Ir. Halen Purba, MM.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Dr. Ir. Siti Nurbaya, M.Sc., dalam sambutannya yang dibacakan oleh pembina upacara, mengingatkan bahwa rusaknya ekosistem hutan atau berkurangnya pepohonan akan mengubah siklus yang terjadi dan berdampak kepada menurunnya jumlah ketersediaan air baik di permukaan maupun di dalam tanah. Demikian juga halnya dengan wisata alam, fenomena dan keindahan alam yang merupakan hasil proses alam akan hilang jika ekosistem terganggu.

“Untuk itulah secara filosofis dan dalam praktisnya sangat penting untuk menjaga keseimbangan alam, dimana manusia tidak hanya “mengambil” tetapi juga harus “memberi”, ingatlah bahwa “Hutan adalah maha taman tempat kita bekerja”, ujar Siti Nurbaya.

Lebih lanjut Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan menyampaikan, peringatan Hari Bakti Rimbawan seperti saat ini merupakan kesempatan yang sangat baik untuk melakukan refleksi, menggali inspirasi, motivasi dan berbagai inovasi dalam kiprah kerja dibidang lingkungan hidup dan kehutanan, dimanapun kita bertugas. Rimbawan adalah sosok yang kuat dalam identitas, skill, perspektif berpikir, solidaritas dan bergotong royong. Rimbawan juga sosok yang teguh dan tangguh, kuat dan disiplin dalam kerja dan pantang surut hadapi tantangan lapangan.

“Kepada para rimbawan seluruh Indonesia, Anda adalah pejuang bangsa, keberanian dan dedikasi dalam menjaga lingkungan dan hutan kita, sungguh-sungguh bermakna demi masa depan manusia dan seluruh bangsa Indonesia. Pada kesempatan ini, saya mengucapkan selamat Hari Bhakti Rimbawan bagi kita semua, bagi Anda, para Rimbawan/ti Indonesia. Teruslah bekerja dalam semangat membara. Tantangan kedepan semakin berat, mari kita atasi bersama,” ujar Siti Nurbaya diakhir sambutannya.

%d blogger menyukai ini: