Menanamkan Jiwa Konservasi Sejak Dini melalui Kegiatan School Visit

1

Siswa/siswi SD melakukan kegiatan identifikasi daun (photo credit: lisbeth)

Untuk pertama kalinya Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melakukan pendidikan konservasi lingkungan hidup bagi masayarakat di sekitar kawasan konservasi dengan pelajar sekolah merupakan prioritas. Pendidikan Konservasi Lingkungan ini dikemas dalam kegiatan School Visit yang dilaksanakan tanggal 23 Maret 2018 di Kawasan Konservasi TWA. Sijaba Hutaginjang dengan Peserta SMP Negeri 3 Muara Desa Hutaginjang Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara dan tanggal 24 Maret 2018 di SM. Dolok Surungan I dengan Peserta SD Negeri 018092 Lobu Rappa Desa Lobu Rappa Kecamatan Aek Songsongan Kabupaten Asahan.

School Visit merupakan salah satu kegiatan pendidikan lingkungan yang dikemas secara apik yang ditujukan bagi pelajar dengan melakukan kunjungan ke kawasan konservasi Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Pengaplikasian metode “Learning by Playing in Nature” secara sederhana namun tepat sasaran dilakukan dengan kolaborasi antara penjelasan yang informatif, dan simulasi/eksperimen.

School Visit bertujuan memperkenalkan konservasi keanekaragaman hayati dengan konsep sederhana yang mudah dimengerti sesuai dengan tingkatan pendidikan. Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda khususnya para pelajar dapat lebih mencintai alam dan lingkungannya sedini mungkin. Disamping itu kegiatan ini juga berupaya untuk memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan tentang konservasi sumber daya alam hayati dan lingkungan hidup sehingga mereka dapat berperilaku selaras dengan alam lingkungannya. Progress yang utama bagi para pelajar ini adalah adanya perubahan sikap dan perilaku yang ditunjukkan untuk lebih mencintai alam dan lingkungan sekitarnya. Pelaksaannya mendatangkan langsung Narasumber dari Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango yang sudah sangat berpengalaman dalam hal pendidikan konservasi alam dan lingkungan.

Beberapa materi yang disampaikan diantaranya meliputi pengamatan ekosistem hutan (unsur ekosistem, pengamatan hidupan liar pada sebatang pophon, eksplorasi lantai hutan, dan identifikasi pohon melalui pengamatan daun), pengamatan sungai (pengamatan biota air) dan pemanfaatan sampah melalui Reduce, Reuse dan Recycle (Furoshiki).

Kegiatan School Visit Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar Balai Besar KSDA Sumatera Utara berjalan sesuai rencana dan mendapat respon yang sangat positif dari para peserta dan pihak sekolah terlihat dari kerjasama sekolah dalam pelaksanaan kegiatan. Hal ini diakui oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Muara Ibu Dra. Lamria Silitonga, M.Pd yang melihat antusiasme para siswanya selama mengikuti kegiatan School Visit. Beliau berharap kegiatan ini berkelanjutan dalam menanamkan jiwa konservasi dan kepedulian terhadap alam dan lingkugan sejak dini di lingkungan sekolah khususnya SMP Negeri 3 Muara. (lisbeth/penyuluh bbksdasu)

%d blogger menyukai ini: