RESCUE (PENYELAMATAN) ORANGUTAN SUMATERA DI BUKIT LAWANG

ou gunung leuser

Orangutan Ketika di evakuasi dan di translokasikan ke Taman Nasional Gunung Leuser Bukit Lawang

Medan, 21 Mei 2018

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara , Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser, Orangutan Information Center (OIC) dan Himpunan Pramuwisata Indonesia  (HPI) Bukit Lawang telah melakukan rescue atau penyelamatan  terhadap 1 individu Orangutan Sumatera yang terisolir di perladangan penduduk Dusun V Desa Perkebunan Bukit Lawang Kec. Bahorok pada koordinat E 98007.362’ dan N 03033.520’.

“Evakuasi dilakukan pada Jum’at, 18 Mei 2018 pukul 14.30 WIB”, Ujar Herbet Ka. SKW II Langkat.

Orangutan berjenis kelamin betina yang berusia 15 tahun dan memiliki Berat Badan 20 kg. Setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan terhadap orangutan dinyatakan sehat secara umum.

Karena Orangutan dinyatakan sehat, tim medis  darah Orangutan Information Center (OIC) mempertimbangkan bahwa Orangutan dapat ditranslokasikan dan di lepasliarkan ke kawasan hutan Taman Nasional Gunung Leuser  (Stasiun Pengamatan Orangutan Sumatera Bukit Lawang). Ketika ditranslokasikan Orangutan tampak langsung manaik ke pohon sebagaimana Orangutan pada umumnya.

Harapannya Orangutan ini menemukan kembali kelompoknya di habitat alaminya di Taman Nasional Gunung Leuser. Translokasi ini merupakan upaya dalam rangka melestarikan populasi orangutan dihabitat alaminya.(Herbet)

%d blogger menyukai ini: