PEMBENTUKAN KADER KONSERVASI TINGKAT PEMULA TAHUN 2018

kader

Photo Bersama dengan Peserta Pembentukan Kader Konservasi

Siantar, 25 Mei 2018

          Setelah beberapa tahun vakum, pada tahun 2018 ini Balai Besar KSDA Sumatera Utara mulai kembali melaksanakan kegiatan Pembentukan Kader Konservasi untuk Tingkat Pemula. Kegiatan ini diselenggarakan selama 2 (dua) hari,  mulai tanggal 23 s.d 24 Mei 2018, bertempat di Hotel Horison Pematang Siantar.

          Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, yang diwakili Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan pada Bidang Teknis, Suyono, SH., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kader konservasi merupakan unsur penting dalam pembinaan cinta alam, karena merupakan pelopor dan penggerak upaya konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya, sehingga diharapkan dapat berperan aktif bersama Pemerintah, dalam mewujudkan insan yang sadar akan konservasi.

          “Peranserta masyarakat, khususnya Kader Konservasi Alam (KKA) di Provinsi Sumatera Utara pada saat ini sangat dibutuhkan keaktifannya, baik sebagai motivator, fasilitator maupun inisiator, bersama-sama dengan Pemerintah untuk mewujudkan tiga pilar konservasi, yaitu Perlindungan, Pengawetan dan Pemanfaatan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya,” ujar Suyono.

          Acara pembukaan dilaksanakan pada tanggal 23 Mei 2018, turut dihadiri pejabat dari Balai Pendidikan dan Pelatihan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Pematang Siantar serta dari Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sumatera. Pembentukan  Kader Koonservasi Tingkat Pemula ini diikuti oleh 27 (dua puluh tujuh) orang peserta, yang berasal dari Kota Medan, Kabupaten Deli Serdang, Kabupaten Tapanuli Selatan, Kabupaten Tapanuli Tengah, Kabupaten Simalungun dan Kabupaten Dairi, dengan berbagai latar belakang profesi seperti : Komunitas Penangkar Kupu-kupu, Komunitas Amphibi dan Reptil, pembuat video kawasan konservasi, Komunitas Perlindungan Penyu, Kelompok Pencinta Alam (KPA), Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dan Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM).

          Selama 2 hari peserta dibekali berbagai pengetahuan tentang : Kebijakan Umum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Indonesia, yang disajikan oleh Kepala Bidang Teknis, Ir. Irzal Azhar, Dasar-dasar Konservasi oleh Ida Marni Ginting, staf Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan, Wisata Alam disampaikan oleh Kepala Bidang Konservasi Wilayah II Pematangsiantar, Seno Pramudito, S.Hut., M.E., Peraturan Terkait Perhutanan Sosial dan Peluangnya, oleh Kepala Seksi Kemitraan pada Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sumatera, Ujang Wisnu Barata, S.Hut., M.Sc., Peranserta Masyarakat Dalam Penyelesaian Permasalahan Kawasan, disajikan oleh Kepala UPT KPH Wilayah II Simalungun, Djoner Efendi D. Sipahutar, S.Hut., M.Si, serta materi Pembinaan Cinta Alam, oleh Samuel Siahaan, SP, Kepala Resort CA dan TWA Sibolangit/PEH.

          Dalam sambutan penutup kegiatan, Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan, Suyono SH., mengaharapkan agar peserta setelah ditetapkan menjadi Kader Konservasi semakin peduli dengan lingkungan dan berperan aktif diberbagai kegiatan, khususnya dibidang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. (Sri Rohana)

 

%d blogger menyukai ini: