Bayi Orangutan Tapanuli Kembar di Hutan Batang Toru

orgutan kmbar batng toru

Orangutan sedang duduk di ranting pohon dan menggendong kedua anaknya (photo credit : Andayani Oerta G)

Batang Toru, 12 Juni 2018

Staff  Sumatran  Orangutan Conservation Programme, Andayani Oerta G dan Ulil Amri Silitonga melaporkan telah menemukan Orangutan Tapanuli (Pongo tapanuliensis)  betina dewasa dengan dua bayi kembar di sebelah barat daya Stasiun Riset Camp Mayang , Batang Toru yaitu jalur transek H pada hari Minggu, 20 Mei 2018.

Penemuan ini menarik perhatian karena biasanya Orangutan hanya melahirkan satu individu anak. Kesimpulan sementara kedua individu bayi Orangutan tersebut merupakan anak kembar yang terlihat di gendong induknya pada saat mencari makan.

Saat ditemukan Orangutan betina dewasa bersama kedua bayinya sedang makan buah sampinur tali (Dacrydium Beccarii) yaitu salah satu buah kesukaan Orangutan di sekitar hutan  Batang Toru. Selang beberapa menit, Orangutan berpindah ke cabang pohon lainnya, yaitu pohon mayang merah (Madhuca laurifolia) dan duduk masih menggendong kedua bayinya sambil mengeluarkan suara kissqueak.

“Terkait dengan penemuan Orangutan ini perlu dilakukan kajian lebih lanjut dan mengingat populasi Orangutan Tapanuli saat ini kecil maka perlu segera dilakukan upaya-upaya konservasi yang melibatkan semua pihak (multi stekholder)”, ujar kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc, For.

Lebih lanjut Hotmauli  mengatakan langkah-langkah konservasi yang harus dilakukan, berupa pembinaan habitat, seperti pengayaan tanaman pakan, dan lain-lain, serta pembinaan populasi berupa inventarisasi, pembuatan koridor, kegiatan meminimalisir konflik dan lain-lain.

%d blogger menyukai ini: