PENANGKAPAN BUAYA DI SUNGAI DELI

WhatsApp Image.jpg

Penyerahan buaya dari warga kepada Petugas  Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Medan, 18 Juli 2018

Penangkapan buaya jenis buaya muara (Crocodylus porosus) dengan ukuran panjang 1 (satu) meter, berat 20 kg jenis kelamin betina di sungai Deli Kelurahan Sei Mati Medan Sumatera Utara, pada hari Selasa tanggal 17 Juli 2018.

Pada tanggal 7 Juli 2018 tim dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara telah turun ke lokasi untuk menangkap buaya semenjak isu adanya buaya di sungai Deli, dan pada saat itu buaya belum tertangkap. Pada tanggal 8 Juli 2018 tim kembali ke lokasi dan belum tertangkap juga, berlanjut sampai tanggal 16-17 Juli 2018, kali ini tim dan masyarakat melakukan penangkapan dengan menggunakan bebek. Umpan bebek dikaitkan dengan tali jerat dan dijaga oleh tim bersama masyarakat sekitar. Beberapa umpan bebek yang telah disiapkan dipantau telah dimakan, tetapi buaya belum dapat terjerat.

Pada tanggal 17 Juli tepatnya pukul 13.20 wib buaya sudah memakan umpan bebek lagi dan sudah terbelit dengan tali jerat. Salah satu masyarakat yang bernama Pak Ishak segera mengamankan tali jerat dan menangkap  buaya yang sudah terjerat.

Kemudian Pak Ishak menghubungi petugas dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara yaitu Joni Pasaribu mengabarkan tertangkapnya buaya tersebut, dan tim dari Seksi Konservasi Wilayah II Stabat langsung menuju ke lokasi dan berkoordinasi dengan Pak Ishak, Babinsa dan Kepling bapak Rama untuk mengevakuasi buaya tersebut. Saat ini buaya telah dievakuasi oleh tim dan dititipkan ke Kebun Binatang Medan Zoo.

%d blogger menyukai ini: