Visit to School SMP Negeri 3 Muara

visit school smp muara 2018

Photo bersama dalam rangka Visit to School SMP Negeri 3 Muara bersama Bidang KSDA Wilayah II

Pematang Siantar, 24 Juli 2018

Untuk lebih menanamkan semangat cinta konservasi di kalangan generasi muda dan mengawali tahun ajaran baru 2018/2019 tepatnya tanggal 21 Juli 2018, Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar melaksanakan Kegiatan Visit to School ke SMP Negeri 3 Muara. SMP Negeri 3 Muara merupakan salah satu sekolah yang berbatasan langsung dengan Kawasan Konservasi TWA. Sijaba Hutaginjang. Kegiatan serupa sebelumnya dilaksanakan tanggal 23 Maret 2018.

Visit to School bertujuan memperkenalkan konservasi keanekaragaman hayati dengan konsep sederhana yang mudah dimengerti sesuai dengan tingkatan pendidikan. Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda khususnya para pelajar dapat lebih mencintai alam dan lingkungannya sedini mungkin. Kegiatan ini juga upaya untuk memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan tentang konservasi sumber daya alam hayati dan lingkungan hidup sehingga mereka dapat berperilaku selaras dengan alam lingkungannya. Progress yang utama bagi para pelajar ini adalah adanya perubahan sikap dan perilaku yang ditunjukkan untuk lebih mencintai alam dan lingkungan sekitarnya.

Materi yang disampaikan adalah tentang Kenekaragaman Hayati/Hewan langka di Sumatera disampaikan dalam bentuk slide show dan film tentang konservasi. Antusiasme siswa sangat tinggi dalam kegiatan ini, karena selain bentuk materi yang disampaikan variatif, dalam pelaksanaannya diselingi dengan kuis dan doorprice yang variatif. Bentuk doorprice yang diberikan antara lain perlengkapan sekolah seperti buku tulis yang sudah distempel slogan ajakan melestarikan hewan langka, pensil, pulpen dan lain sebagainya. Di akhir acara diadakan lomba menulis diselembar kertas hvs tentang apa saja yang berhubungan dengan materi yang baru saja dijelaskan. Hasil dari lomba menulis terpilih 6 (enam) siswa/siswi terbaik dan berkesempatan membacakan hasil karyanya di depan peserta lainnya. Terbaik satu sampai dengan tiga mendapatkan paper bag yang berisikan perlengkapan sekolah, booklet, dan stiker sementara terbaik empat sampai enam hanya mendapatkan perlengkapan sekolah.

Kegiatan ini berjalan sesuai rencana dan mendapat respon yang sangat positif dari para peserta dan pihak sekolah terlihat dari kerjasama sekolah dalam pelaksanaan kegiatan. Hal ini diakui oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 3 Muara Ibu Dra. Lamria Silitonga, M.Pd yang melihat antusiasme para siswanya selama mengikuti kegiatan Visit to School. Beliau berharap kegiatan ini berkelanjutan dalam menanamkan jiwa konservasi dan kepedulian terhadap alam dan lingkugan sejak dini di lingkungan sekolah khususnya SMP Negeri 3 Muara.(lisbet/penyuluh)

%d blogger menyukai ini: