VISIT TO SCHOOL SD NEGERI No.095186 TANJUNG DOLOK KEC. GIRSANG SIPANGAN BOLON KAB. SIMALUNGUN

scool visit anec

Siswa belajar konservasi gajah Sumatera di lokasi ANECC

Tanjung Dolok, 31 Juli 2018

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Sumatera Utara, melalui Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, baru-baru ini menyelenggarakan  kegiatan Visit to School di Sekolah Dasar (SD) Negeri No. 095186 Tanjung Dolok, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, Kabupaten Simalungun. Kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya  edukasi dan penyadartahuan sejak dini akan pentingnya konservasi.

SD Negeri No. 095186 dipilih menjadi tujuan dari Visit to School  mengingat lokasinya yang berdekatan dengan Pusat Konservasi Gajah Jinak Aek Nauli atau yang lebih dikenal dengan  Aek Nauli Elephant Conservation Camp (ANECC).

Kegiatan edukasi ini diikuti oleh 40 (empat puluh) orang siswa/i, gabungan dari kelas I s/d kelas VI, dan didampingii oleh guru pendamping dari SD Negeri No. 095186 Tanjung Dolok sebanyak 8 (delapan) orang, diantaranya  Kepala Sekolah, 2 (dua) orang guru tetap/PNS , dan 5 (lima) orang guru honorer.

Pelaksanaan kegiatan  Visit to School dibagi atas 2(dua) bagian yaitu, kegiatan di dalam kelas (materi ruang) dan di luar kelas (materi pengenalan/praktek). Kegiatan di dalam kelas, diantaranya berupa pemberian materi  tentang satwa-satwa yang dilindungi, memperkenalkan Ekowisata ANECC beserta gajah-gajah yang ada di lokasi tersebut, dengan menggunakan slide dan diskusi.

Sedangkan untuk kegiatan di luar kelas (studi lapangan) tim Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar mengajak ke 40 (empat puluh) orang siswa/i beserta guru pendamping, melihat langsung Ekowisata ANECC dan aktivitas dari gajah jinak, yang jumlahnya ada 4 (empat) individu.

Guna memotivasi dan mengapresiasi peran aktif  siswa/i , Tim Edukasi Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar  memberikan door prize (hadiah), berupa kotak pensil yang bertuliskan pesan-pesan pelestarian lingkungan, pensil, pena/pulpen dan stiker.

Pelaksanaan kegiatan Visit to School direspon dengan baik oleh Kepala Sekolah SD. Negeri No. 095186 Tanjung Dolok, Lesteria Simamora, S.Pd,. “Kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas kegiatan Visit to School serta kunjungan dari Tim Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar ke SD Negeri No. 095186 Tanjung Dolok. Kami berharap pengetahuan dan informasi yang sudah disampaikan atau diberikan kepada anak didik kami dapat dimengerti dan dipahami. Kedepannya siwa/i SD Negeri No. 095186 Tanjung Dolok, dapat ikut berpartisipasi dalam upaya menjaga dan melestarikan hutan dan lingkungan hidup,” ujar Lesteria Simamora, S.Pd. (Meilinda Lumban Toruan)

%d blogger menyukai ini: