VISIT TO SCHOOL SD NEGERI 030293 LAE HOLE

Untitled-1

Suasana Pemutaran Video Kawasan TWA Danau Sicike cike (a), Kampanye Penggunaan Botol Air Minum Isi Ulang (b).

Lae Hole II- Pancur Nauli 31 Agustus 2018

Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, kembali menyambangi/mengunjungi Sekolah Dasar Negeri (SDN) 030293 Lae Hole, pada Rabu, 29 Agustus 2018. Kunjungan kali ini dalam rangka kegiatan visit to school untuk  penyebarluasan dan penyadartahuan Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistemnya sejak dini bagi anak di tingkat sekolah dasar. Sekedar informasi, bahwa SDN 030293 Lae Hole, sejak tahun 2015 telah menjadi binaan Resort TWA Danau Sicike-cike.

Sasaran kegiatan ini adalah siswa/i yang duduk di kelas 1 dan kelas 2, yang sejak masuk sekolah belum pernah mendapatkan  pengetahuan tentang Konservasi.  Kegiatan visit to school ini pada dasarnya merupakan salah satu kegiatan pendidikan lingkungan yang ditujukan bagi para pelajar, dilakukan dengan cara mendatangi sekolah sasaran dan menggunakan metode kolaborasi antara ceramah dan simulasi/eksperimen. Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda khususnya para pelajar dapat lebih mencintai alam dan lingkungannya sedini mungkin.

Disamping itu melalui kegiatan visit to school ini juga para pelajar mendapatkan tambahan berbagai informasi dan pengetahuan tentang konservasi sumber daya alam hayati dan lingkungan hidup sehingga mereka dapat berperilaku selaras dengan alam lingkungannya.

SDN 030293 Lae Hole menjadi tujuan utama dilaksanakannya kegiatan ini, mengingat sekolah yang terletak di Dea Sae Hole II, Kecamatan Parbuluan Kabupaten Dairi tersebut selain sebagai salah satu sekolah binaan, juga karena posisi letak sekolah yang berada dekat dengan  kawasan Taman Wisata Alam Danau Sicike-cike.

Kegiatan diikuti siswa/i kelas 1-2 yang berjumlah 80 (delapan puluh) orang, didampingi Guru Pembimbing dan Kepala Sekolah. Beberapa materi Pembelajaran Konservasi yang disampaikan mentor Samuel Siahaan, SP dibantu Senang Sigiro Kepala Resort TWA Sibolangit dan Staf Resort Bergiat Sembiring serta Tenaga Pengaman Hutan Lainnya Hotber Sianturi, berupa  materi Pengenalan Hutan berikut Fungsi dan Manfaatnya, pemutaran video kawasan TWA Danau Sicike-cike, kampanye pengurangan penggunaan air botol isi ulang, dan ditutup dengan Yel-yel Salam Konservasi serta slogan promosi wisata alam untuk mengajak masyarakat datang berkunjung ke TWA Danau Sicike cike.

Dalam sambutannya Kepala Sekolah SDN 030293 Lae Hole, Yanty Rosdiana Berutu, menyatakan sangat  mendukung kegiatan seperti ini  dan diharapkan kelanjutan Program dapat berlangsung secara berkala dengan menjadikan sekolah ini menjadi salah satu Sekolah berwawasan Konservasi dan Lingkungan (Adiwiyata), mengingat Ibu Kepala Sekolah sudah pernah mengikuti Pendidikan Lingkungan bagi Guru-guru Sekolah dasar di Balai Pendidikan dan Latihan Kehutanan beberapa waktu lalu.

Pada akhir sambutannya, beliau juga menyampaikan beberapa aktivitas kegiatan kedepan dari SDN 030293 Lae Hole, yaitu melaksanakan penanaman pohon (penghijauan di lingkungan sekolah), pembuatan Biopori, penanaman bunga dan pembuatan kompos.

Kegiatan visit to school akan berlanjut kedepannya dengan bimbingan Resort TWA Danau Sicike-cike, tandas Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, Tuahman Raya, S.Sos., pada arahannya, sehingga Kegiatan visit to school nantinya akan memberikan pengetahuan, wawasan dan pengalaman yang menyenangkan dalam kehidupan di alam sehingga dapat memotivasi atau menimbulkan minat para siswa sekolah untuk mencintai alam dan meningkatkan apresiasi/kesadaran khususnya yang berorientasi dengan program konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. (Samuel Siahaan, SP/PEH Pertama).

%d blogger menyukai ini: