WISATA EKOLING MTS. SWASTA DARUL ULUM BUDI AGUNG MEDAN DI TWA SIBOLANGIT

DARUL ULUM

Suasana Pengenalan Jenis Tumbuhan bagi Siswa/i  MTs Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan dipandu oleh Relawan Ekoling

Sibolangit, 2 Oktober 2018

Kembali Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit dikunjungi Sekolah MTs. Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan, pada  Sabtu 22 September 2018. Kunjungan kali ini dalam rangka Study Pembelajaran atau disebut Wisata Edukasi Konservasi dan Lingkungan (EKOLING) dimana kegiatan dilakukan wisata sambil belajar. Sebanyak 100 orang siswa/i didampingi 15 guru pembimbing, diajak untuk mengenali berbagai jenis tumbuhan yang berada di kiri kanan jalur interpretasi  sepanjang dua kilometer, oleh Kepala Resort TWA Sibolangit  Samuel Siahaan, SP bersama staf Resort yang dibantu tim Relawan Ekoling Alumnus FMIPA Biologi USU, Saudari Erfina Rahmadani Damanik, Khairani dan Fitriana.

Siswa/i  sangat antusias mendengar dan mencatat setiap Jenis tumbuhan yang dikenalkan.  Pokok Bahasan Ekoling kali ini adalah pengenalan jenis tumbuhan pada bagian tertentu tumbuhan, yaitu bagian Daun. Siswa/i diberikan tugas pengukuran daun berupa lebar, panjang, luas permukaan, bentuk ujung daun dan sifat permukaan daun. Ada sebanyak sepuluh jenis tumbuhan yang diambil sampel,  yang mewakili tumbuhan tingkat bawah sampai pohon.

Selain itu pengenalan jenis tumbuhan, seperti berbagai jenis rotan, bunga bangkai, bambu dan pohon yang bernilai ekonomi tinggi seperti sungkai, trembesi, duku, mahoni dll. Disamping pengenalan berbagai jenis tumbuhan, disela sela interpretasi kawasan, Kepala Resort menjelaskan akan fungsi dan manfaat hutan bagi kehidupan manusia terutama bagi masyarakat sekitar hutan. Manfaat yang bisa dirasakan langsung oleh siswa/i di Kawasan TWA Sibolangit adalah udara yang segar dan bersih. TWA Sibolangit bermanfaat juga sebagai lokasi wahana wisata, pendidikan dan penelitian, mencegah banjir/longsor dan mengatur tata air.

Kunjungan wisata ekoling kali ini didampingi langsung Kepala Sekolah Madrasah Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan, Sudarmawansyah, M.Pd, yang dalam ungkapannya menyampaikan banyak terima kasih dan berharap kegiatan ini akan selalu rutin dilaksanakan guna memberi pengetahuan  lebih dalam kepada siswa tentang Hutan.

Direncanakan pada bulan Nopember saat  bersamaan dengan Puncak Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) 2018, rombongan MTs. Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan                                                                                     akan datang kembali bersama siswa/i lainnya. Kehadiran sekolah ini di TWA Sibolangit disamping untuk mendukung program sekolah, juga untuk mendukung Role Model Wisata Ekoling TWA Sibolangit, sembari berharap Balai Besar KSDA Sumatera Utara bekerjasama dalam kegiatan ini secara rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Disamping itu,  Kepala Sekolah Madrasah Swasta Darul Ulum Budi Agung Medan menyarankan adanya penambahan nama-nama  ilmiah tumbuhan dan taksonomi tumbuhan dijalur Interpretasi. (Samuel Siahaan/PEH Pertama).

%d blogger menyukai ini: