MENIMBA ILMU KE BALAI BESAR KSDA JAWA BARAT

studi

Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama pengelola TWA Tangkuban Perahu

Medan, 9 November 2018,

Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Tiongkok…, agaknya nasehat bijak ini pula yang melatar belakangi kegiatan Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Wisata Alam Personil Balai Besar KSDA Sumatera Utara di Balai Besar KSDA Jawa Barat, pada tanggal 2 s.d 5 Nopember 2018.

Rombongan Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara, yang dipimpin Kepala Bagian Tata Usaha, Teguh Setiawan, S.Hut., berkekuatan 15 orang, disambut baik oleh Plh. Kepala Balai Besar KSDA Jawa Barat, Yani Turniati, pada Jumat 2 Nopember 2018, di aula Balai Besar KSDA Jawa Barat.

Yani Turniati, yang didampingi Kepala Sub Bagian Program dan Kerjasama, Vitriana Yulaita M., M.S.Pi, MP., berbagi informasi tentang Progres dan Potensi Kerjasama Kemitraan Lingkup Balai Besar KSDA Jawa Barat serta Pengelolaan Wisata di Kawasan Wisata Alam Lingkup Balai Besar KSDA Jawa Barat.

Berbekal informasi awal ini, pada hari kedua, Sabtu, 3 Nopember 2018, Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara mengunjungi dan belajar pengelolaan kawasan TWA Tangkuban Perahu, salah satu kawasan TWA di Indonesia yang sukses menyumbang PNBP tertinggi. Ada banyak pembelajaran yang didapat dalam  pengelola wisata dari PT. Graha Rani Putra Persada (GRPP), pemegang Ijin Pengusahaan Pariwisata Alam (IPPA).

Di hari ketiga, Minggu, 4 Nopember 2018, Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara, melanjutkan kunjungan berturut-turut ke Kampung Cai Rancaupas untuk melihat kegiatan wisata penangkaran rusa, kemudian ke Situ Patenggang dan terakhir ke kawasan Kawah Putih.

studi 1

Wisata rusa di penangkaran rusa Kampung Cai Rancaupas

Ketiga lokasi wisata konservasi alam tersebut menjadi alternatif liburan bukan hanya bagi masyarakat kota Bandung dan sekitarnya, tetapi juga bagi masyarakat kota Jakarta dan kota-kota lainnya di luar Propinsi Jawa Barat. Pengelolaan objek wisata alam yang  sungguh-sungguh, kreatif dan profesional menjadikan kawasan ini sangat dirindukan oleh masyarakat pengunjung.

studi2

Kunjungan Tim ke Kawah Putih

Perjalanan yang hanya 4 hari, terasa sangat singkat, ada banyak hal yang semestinya perlu digali untuk mencapai keberhasilan pengelolaan wisata alam di kawasan konservasi Balai Besar KSDA Jawa Barat, namun waktu jualah yang membatasinya, sehingga Tim harus mengakhiri kunjungan dan kembali ke Medan, pada Senin, 5 Nopember 2018.

Hatur nuhun Balai Besar KSDA Jawa Barat, terima kasih kota Bandung yang telah memberi informasi, pengetahuan  dan inspirasi. Nantikan kunjungan kami     berikutnya …… (Evansus Renandi Manalu)

%d blogger menyukai ini: