LOMBA MEWARNAI DALAM RANGKA PROMOSI TWA SIBOLANGIT

promosi TWA Sibolangit

Peserta lomba mewarnai

Medan, 12 Nopember 2018

          Pagi itu, Selasa, 7 Nopember 2018, kawasan TWA Sibolangit diramaikan dengan kedatangan serombongan pelajar-pelajar Sekolah Dasar (SD) yang berasal dari SD Swasta Darma Medan. Tercatat ada sekitar 190 orang siswa/pelajar serta guru pendamping, dan 70 orang orangtua siswa, memenuhi podium yang ada di pelataran parkir TWA Sibolangit. Ada apa gerangan…..?

          Selidik punya selidik, ternyata kehadiran rombongan SD Swasta Darma Medan adalah dalam rangka wisata edukasi konservasi alam dan lingkungan (Ekoling). Luar biasa…, jauh-jauh dari kota Medan untuk berwisata menikmati keindahan dan kesegaran udara  sambil belajar konservasi di TWA Sibolangit.

          Selain wisata ekoling SD Darma Medan, pada saat yang bersamaan digelar juga kegiatan Lomba Mewarnai yang mengusung tema “Ayo Ke Taman Wisata Alam Sibolangit”. Lomba ini selain dimaksudkan untuk mempromosikan kawasan TWA Sibolangit sebagai Wisata Ekoling yang merupakan salah satu Role Model pengelolaan kawasan konservasi di Sumatera Utara.

          Disamping itu, kegiatan lomba ini juga untuk menyemarakkan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Tahun 2018, yang setiap bulan Nopember diperingati. Sehingga melalui lomba ini diharapkan akan tumbuh kesadaran dan kepedulian generasi muda, khususnya pelajar tingkat sekolah dasar, untuk menyelamatkan puspa dan satwa dengan menjaga kelestarian habitatnya, demikian sambutan Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For. pada acara tersebut.

          Sementara itu ketua Panitia Penyelenggara, Mustafa Imran, SP., Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe, dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan lomba mewarnai tingkat SD ini diikuti oleh 40 orang peserta, yang berasal dari perwakilan 16 SD se-Kecamatan Sibolangit dan SD Darma Medan. Dan kepada Kepala Sekolah yang hadir pada acara tersebut serta peserta lomba diberikan juga tumbler (tempat/botol air minum). Pemberian tumbler ini merupakan media kampanye untuk mengurangi penggunaan sampah dari minuman kemasan plastik.

           Acara dimeriahkan juga dengan penampilan atraksi tarian seni budaya Jawa oleh SD Swasta Darma Medan. Diakhir acara diumumkan pemenang lomba mewarnai masing-masing : Juara I Khalisa dari SD Darma Medan, Juara II Chelse C.P Malau SD Masehi Sibolangit, Juara III Darma Suranta SD Negeri No. 101845 Suka Makmur, Juara Harapan I Lebyna Valentina SD Negeri No.  101837 Suka Makmur, Juara Harapan II Anastasia Chairunila Harahap SD Darma Medan dan Juara Harapan III Mila Ahdya SD 101845 Suka Makmur. Kepada para pemenang diberikan hadiah berupa alat komunikasi (HP), piala dan piagam penghargaan.

          Kemeriahan acara ini turut dihadiri Dinas Pendidikan Kabupaten Deli Serdang, Kepala-kepala Sekolah SD se-Kecamatan Sibolangit, Kepolisian Sektor Pancur Batu, Kelompok Sadar Wisata Sibolangit Berseri dan lembaga mitra kerjasama YEL-SOCP dan ISCP. (Evan)

%d blogger menyukai ini: