SOSIALISASI DINI DALKAR KEPADA PELAJAR

DALKAR

Poto bersama di Sosialisasi Dini Dalkar

Siantar, 23 Nopember 2018

Untuk pertama kalinya Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar menyelenggarakan Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan Konservasi pada tanggal 19 Nopember 2018 di SMA Negeri 1 Muara Kecamatan Muara Kabupaten Tapanuli Utara. Kegiatan ini dilakukan disekolah sebagai upaya dini mengubah pola pikir siswa/siswi sehingga menjadi salah satu pihak yang bisa berperan aktif  dalam pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Mengingat SMA Negeri 1 merupakan salah satu sekolah yang berdekatan dengan Kawasan Konservasi TWA. Sijaba Hutaginjang sehingga sekolah ini menjadi sasaran kegiatan ini.

Diikuti 30 peserta siswa/siswa SMA Negeri 1 Muara dan dihadiri juga oleh Camat, Kapolsek, dan Danramil Muara serta Kepala SKW IV Tarutung semakin menyempurnakan kampanye ini. Kegiatan diawli dengan sambutan dari Kepala SKW IV Tarutung dilanjutkan dengan Sambutan dari Camat Muara sekaligus membuka acara. Dalam sambutannya Camat Muara, Bapak Richand Panggabean Situmorang, S.STP, menyatakan pada Tahun 2016 Kabupaten Tapanuli Utara menduduki urutan teratas sebagai daerah di Provinsi Sumatera Utara dengan kejadian kebakaran terbanyak yaitu di daerah Muara. Kebakaran hutan mengakibatkan dampak negatif terhadap lingkungan yang mana kebakaran ini sebagian besar diakibatkan karena ulah manusia. Oleh karena itu diharapkan kepada siswa/siswi SMA Negeri 1 Muara setelah mengikuti kegiatan ini dapat menjadi duta pencegahan kebakaran hutan dan lahan khususnya di daerah Muara.

Dalam pelaksanaan kampanye ini Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar melibatkan Daops Aek Nauli sebagai Narasumber. Narasumber memberikan materi tentang pengendalian kebakaran hutan dan lahan yang diselingi dengan kuis-kuis dengan hadiah yang menarik semakin meningkatkan antusias peserta. Setelah pemberian materi dilanjutkan dengan simulasi pencegahan kebakaran dimana peserta mempraktekan peggunaan peralatan pemadaman kebakaran sederhana.

Pihak Sekolah yang diwakili oleh Ibu Merida Simanjuntak, S.Pd mengucapkan terimaksih kepada Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar yang telah menyelenggarakan Kampanye Pencegahan Kebakaran Hutan Konservasi di SMA Negeri 1 Muara. Sebagai generasi penerus, siswa/siswi harus dibekali pemahaman yang benar bagaimana mengelola hutan dan lahan agar tetap lestari. Program kampanye yang dilaksanakan ini sangat bermanfaat bagi para siswa/siswi untuk merubah pola pikir masyarakat tentang membakar hutan dan lahan. (Lisbeth/Penyuluh).

%d blogger menyukai ini: