USAHA PRODUKTIF DESA PENYANGGA SM DOLOK SURUNGAN I

hidroponik

Usaha produktif sayuran hidroponik SM. DOLOK SURUNGAN I

Dolok Surungan, 29 Nopember 2018

Kelompok Swadaya Mayarakat (KSM) Lestari Dongan merupakan kelompok binaan Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang berada di Desa Lobu Rappa yang merupakan Desa Penyangga Kawasan Konservasi SM. Dolok Surungan I. Semenjak ditetapkan menjadi Desa Binaan berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal KSDAE Nomor : SK.80/KSDAE/SET/KSA.1/2/2017 tanggal 20 Pebruari 2017 tentang Penetapan Desa Binaan dan Pendamping pada Daerah Penyangga Kawasan Konservasi, beberapa kegiatan pemberdayaan telah dilakukan terhadap KSM. Lestari Dongan seperti penguatan kapasitas dan pengembangan usaha ekonomi kelompok.

Pada tahun 2018 KSM. Lestari Dongan mendapatkan Bantuan Ekonomi Produktif yang diberikan pada tanggal 10 Oktober 2018 yang lalu. Bantuan tersebut berupa Demplot Hidroponik dan perlengkapan Perpustakaan Rumah Pintar Dongan.

Bantuan usaha produktif budidaya tanaman berdasarkan hidroponik dengan pertimbangan masyarakat Desa Lobu Rappa dan sekitarnya agak kesulitan untuk mendapatkan sayur-sayuran segar. Lahan mereka yang sudah agak tandus karena pada umumnya lahan pertanian mereka sudah diganti dengan perkebunan sawit dan karet, sehingga untuk budidaya sayur-sayuran lahan mereka sangat terbatas.

Untuk mengatasi permasalahan ini munculah ide untuk belajar budidaya tanaman dengan hidroponik sederhana. Sebelum pemberian bantuan, Kegiatan Pelatihan Hidroponik pun dilaksanakan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan dalam menjalankan usaha hidroponik nantinya.

Dari penyerahan bantuan tanggal 10 Oktober 2018 sampai berita ini dibuat, usaha produktif hidroponik KSM. Lestari Dongan sudah menghasilkan dengan beberapa kali panen sayuran seperti kangkung, selada, dan sawi. Sayuran hidroponik yang tanpa pestisida ternyata mulai diminati oleh masyarakat sekitar Desa Lobu Rappa.

Pada panen tanggal 24 Nopember 2018 hasilnya mulai dipasarkan. Tanpa menunggu lama sayur hidroponik hasil panen KSM. Lestari Dongan berupa sawi pokcoy dan selada sudah habis terjual. Hal ini sangat menggembirakan tidak hanya bagi kelompok tapi juga buat Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar.

Tak kalah senangnya Kepala Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar, Seno Pramudito, S.Hut, ME langsung membagikan postingan kegiatan panen tersebut melalui akun media sosial miliknya sekaligus ajang promosi untuk membantu pemasaran produk sayuran hidroponik KSM. Lestari Dongan.

Minat untuk membeli produk sayuran hidroponik KSM. Lestari Dongan yang diyakini lebih sehat dibandingkan sayuran hasil pertanian konvensiaonal mulai berdatangan yang ditunjukkan mealui komen-komen di media sosial. Hal tersebut juga dinyatakan oleh Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For yang berkeinginan untuk melihat dan belajar hidroponik dari KSM. Lestari Dongan.

Euforia menikmati hasil panen semoga semakin menambah semangat bagi kelompok karena ini masih tahap awal. Kelompok harus serius menjalankan  usaha hidroponik ini yang harapannya dapat meningkatkan perekonomian anggota KSM. Lestari Dongan.(Lisbeth Manurung/Penyuluh).

%d blogger menyukai ini: