RELEASE ELANG BONDOL (Haliastur indus) DI BETING CAMAR

WhatsApp Image 2018-12-03 at 09.18.32

Poto Bersama sebelum lepasliar

Medan, 3 Desember 2018

Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional (HCPSN) tahun 2018 adalah suatu momentum pengingat bagi kita semua akan perlunya menyelamatkan dan melestarikan Puspa dan Satwa Indonesia, agar tetap lestari dan terhindar dari kepunahan.

Berkaitan dengan itu, Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam Sumatera Utara dalam memperingati HCPSN tahun 2018, melaksanakan kegiatan pelepasliaran 5 individu Elang Bondol (Haliastur indus) pada Jum’at, tanggal 30 Nopember 2018 di kawasan Beting Camar di Kabupaten Langkat. Kegiatan ini merupakan rangkaian dari puncak promosi wisata alam TWA Sibolangit yang dikemas bersamaan dengan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional 2018.

Ke 5 (lima) individu Elang Bondol berasal dari Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) TWA Sibolangit. Kegiatan pelepasliaran satwa liar yang dilindungi undang-undang, merupakan kegiatan rutin yang dilakukan Balai Besar KSDA Sumatera Utara dalam rangka pelestarian dan perlindungan satwa tersebut di habitatnya. Satwa-satwa liar yang direlease berasal dari penyerahan masyarakat serta hasil operasi penertiban yang dilakukan oleh aparat penegak hukum baik dari Balai Pengamanan dan  Penegakan Hukum Lingkungan Hidup dan Kehutanan (BPPHLHK) Wilayah Sumatera maupun dari jajaran  Kepolisian Daerah (Polda) Sumatera Utara.

WhatsApp Image 2018-12-03 at 09.19.40

Elang Bondol Setelah dilepasliarkan terbang dan hinggap di ranting pohon

Release satwa Liar di Kawasan Beting Camar dihadiri oleh Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe Mustafa Imran Lubis, S.P, Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat Herbet B.P. Aritonang, S.Sos, M.H., Kepala Resort CA/TWA Sibolangit Samuel Siahaan, staf Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan Jurnalis. Pasca release  harapannya elang ini mampu beradaptasi dan berkembang biak habitat alaminya.

%d blogger menyukai ini: