KOMUNITAS MEDAN HASH SAMBANGI TWA SIBOLANGIT

hash

Kepala Resort TWA Sibolangit Samuel Samuel Siahaan, SP. melakukan promosi wisata danpenyuluhan singkat tentang konservasi sember daya alam hayati dan ekosistemnya

Sibolangit, 13 Desember 2018

Bermula dari salah seorang anggota Medan  Hash,  Dr. Tomy Edy yang bertugas di Puskesmas Sibolangit pernah berkunjung ke Taman Wisata Alam Sibolangit, untuk menyampaikan rencana Medan Hash yang akan melaksanakan Jungle Track (Jelajah Hutan) TWA Sibolangit.

Kedatangan salah seorang anggota Medan Hash ini sebagai bagian promosi yang dilakukan oleh petugas Resort TWA Sibolangit bersama Balai Besar KSDA Sumatera Utara.  Bagi orang yang penggemar olahraga sambil menikmati alam, maka olahraga Hash bisa menjadi alternatif pilihan.

Olahraga ini dilakukan dengan cara berjalan sambil menelusuri rute yang cukup berat seperti hutan, sungai dan berbagai rute lainnya. Rute yang dilalui memiliki rintangan tersendiri dan jalur yang jarang dilalui. Sobekan kain atau kertas menjadi penanda jalan untuk menyelesaikan rute yang telah ditentukan oleh panitia.

Hash biasanya dilakukan di pagi hari dan atau sore hari dengan rute yang ditempuh memakan waktu kurang lebih 1 sampai 2 jam. Komunitas Medan Hash sebagai salah satu contoh komunitas yang anggotanya berasal dari  berbagai profesi pekerjaan seperti pengusaha dan konsultan dari berbagai tingkatan umur serta usia dari 30 tahun keatas.

Komunitas Medan Hash ini telah berdiri sejak tahun 1973 dan memang sudah cukup lama dan sudah banyak anggotanya. Kunjungan ke TWA Sibolangit tanggal 10 Desember 2018, berjumlah 29 orang yang langsung dipandu oleh Ketua GMMedan Hash, Pencil Prick. Komunitas ini sangat antusias, mengapa ?

Karena mereka menggangap TWA Sibolangit masih alami dan masih natural kondisi alamnya dengan adanya berbagai jenis pohon-pohon masih berukuran besar  dan kelestariannya sangat terjaga, ungkap salah satu anggotanya Subjik Sigh yang diberi gelar hash dengan nama Babon dan merupakan juga GM Tiger Hash.

Subjik Singh menyatakan kegembiraannya bisa mengunjungi  TWA Sibolangit dan berencana akan segera mengajak keluarganya serta komunitas Hash lainnya yang berasal dari kota Medan, seperti : Sunday Hash dan Tiger Hash untuk  berkunjung ke TWA Sibolangit.

Selesai menjelajahi TWA Sibolangit, Kepala Resort TWA Sibolangit, Samuel Siahaan, SP. melakukan promosi wisata dan penyuluhan singkat tentang konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Diakhir pertemuan, Kepala Resort TWA Sibolangit menyerahkan buku-buku Informasi tentang Konservasi Sumber Daya Alam, stiker serta botol air minum (tumbler). Samuel Siahaan, SP.

%d blogger menyukai ini: