MUSDA KE 3 FK3I SUMATERA UTARA

musda
Foto bersama peserta Musda ke 3 FK3I Sumatera Utara Tahun 2018

Medan, 14 Desember 2018

Siang itu, tepatnya Kamis, 13 Desember 2018, bertempat di Garuda Plaza Hotel Medan, kader-kader konservasi yang tergabung dalam Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Provinsi Sumatera Utara, menggelar acara Pemberdayaan Kader Lingkungan Hidup dan Kehutanan Dalam Rangka Percepatan Implementasi Perhutanan Sosial melalui Musyawarah Daerah (Musda) FK3I Sumatera Utara.

          Kegiatan yang diikuti oleh 55 orang perwakilan kader konservasi dari seluruh kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, berlangsung selama 3 hari (tanggal 13 s.d 15 Desember 2018) difaslitasi oleh Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan Wilayah Sumatera Utara, Direktorat Jenderal Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan.

          Kepala Balai PSKL Wilayah Sumatera yang diwakili Kepala Seksi Kemitraan Lingkungan, Ujang Barata, S.Hut., M.Sc., dalam sambutannya menyampaikan bahwa Balai PSKL Wilayah Sumatera sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya aktif dalam melakukan upaya-upaya pemberdayaan kader lingkungan hidup dan kehutanan, mengingat keberadaan dan peranan kader-kader tersebut sangat menbantu untuk meminimalkan tekanan dan gangguan pada keseimbangan ekosistem alam. Kader konservasi adalah bagian dari kader lingkungan hidup dan kehutanan.

          “Oleh karena itu kami menyambut baik keinginan kader-kader konservasi yang tergabung dalam FK3I Sumatera Utara untuk melaksanakan Musyawarah Daerah (Musda) ke 3, dan Balai PSKL membantu memfasilitasi penyelenggaraan Musda tersebut,” ujar Ujang Barata.

musdaa
Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara membacakan sambutan di pembukaan Musda FK3I Sumatera Utara

Sementara itu Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For., yang didaulat untuk membuka acara, dalam sambutannya menyampaikan bahwa berbagai upaya telah dilakukan untuk pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup, namun masih banyak permasalahan yang belum diatasi secara menyeluruh. Salah satu permasalahan pokok tersebut antara lain masih rendahnya pemahaman dan kepedulian masyarakat akan pentingnya pengelolaan sumber daya alam dan lingkungan hidup secara berkesinambungan.

          “Saat ini kita semua hadir dan berkumpul disini untuk mendukung penyelenggaraan MUSDA FK3I Provinsi Sumatera Utara dalam rangkaian kegiatan pemberdayaan kader lingkungan hidup dan kehutanan dalam rangka percepatan implementasi Perhutanan Sosial. Kami sangat berharap agar pertemuan ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat,” ujar Hotmauli.

          Pembukaan Musda ke 3 FK3I Sumatera Utara, turut dihadiri Kepala Bidang Teknis Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Ir. Irzal Azhar, M.Si., mewakili Kepala Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser dan yang mewakili Kepala Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara. Diharapkan di akhir Musda ini akan terpilih kepengurusan baru FK3I Sumatera Utara Periode 2018-2022 beserta dengan Program Kerjanya. (Evan)