EVAKUASI ANAK LUTUNG SIMPAI

lutung
Anak  Lutung Simpai yang berhasil diselamatkan oleh Petugas KPH Wilayah XIII Dolok Sanggul

Pematangsiantar, 19 Desember 2018

Bermula dari ditemukannya satu individu anak monyet jenis Lutung Simpai (Presbytis melalophos) kemudian diamankan oleh petugas Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Wilayah XIII Dolok Sanggul, pada Minggu, 16 Desember 2018. Anak  Lutung Simpai, saat ditemukan dalam kondisi hidup dan sehat. Umur ± satu tahun.

Mengetahui bahwa institusi yang berwenang dalam penanganan satwa liar adalah Balai Besar KSDA Sumatera Utara, petugas KPH Wilayah XIII Dolok Sanggul segera menginformasikannya dan berkordinasi ke Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung.

Pada Senin 17 Desember 2018 tim penanganan dan penyelamatan satwa Bidang Konservasi Wilayah II Pematang Siantar melalui Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung melakukan tindakan evakuasi anak  Lutung Simpai dimaksud ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit guna mendapatkan tindakan medis berupa pemeriksaaan kondisi kesehatan serta rehabilitasi sebelum dilepasliarkan.

Atas informasi dan kordinasi yang baik dari petugas KPH Wilayah XIII Dolok Sanggul tentunyanya layak untuk diapresiasi, selanjutnya kepada berbagai pihak diharapkan juga bantuan dan informasinya apabila menemukan jenis satwa liar lainnya kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara untuk dilakukan tindakan penyelamatan. (Presli)