Lepasliar Trenggiling di SM. Dolok Surungan

trenggiling

Warga menyerahkan trenggiling kepada petugas

Parsoburan, 25 Februari 2019

Bermula dari informasi yang diterima Balai Besar KSDA Sumatera Utara dari seorang warga Balige, Kabupaten Toba Samosir, tentang kepemilikan satwa Trenggiling yang akan diserahkan kepada Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Menindak lanjutinya Bidang Konservasi Wilayah II Pematangsiantar menugaskan Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung untuk menghubungi warga Balige dimaksud.

Setelah bertemu dengan pemiliknya, Aslina Siahaan, 51 tahun, profesi wiraswasta, pada Sabtu, 23 Februari 2019, petugas Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung menerima 1 (satu) individu satwa Trenggiling (Manis javanica) dalam kondisi baik dan sehat. Si pemilik dengan sukarela menyerahkan satwa dimaksud setelah mengetahui bahwa trenggiling termasuk jenis satwa yang dilindungi undang-undang.

trenggiling2

Trenggiling saat dilepasliarkan (direlease) di Parsoburan

Selanjutnya, pada hari itu juga  petugas  segera membawa satwa tersebut ke kawasan Suaka Margasatwa (SM). Dolok Surungan, di Desa Parsoburan, Kecamatan Habinsaran, Kabupaten Toba Samosir,  yang merupakan habitat dari trenggiling, untuk dilepasliarkan direlease. (Timbul Pardosi-BBKSDA SUMUT)

%d blogger menyukai ini: