SEMANGAT RIMBAWAN SUMUT MENANAM 100 POHON

rimbawan
Rimbawan Sumatera Utara pada kegiatan penanaman pohon dalam rangka Hari Bhakti Rimbawan Ke 36, pada Sabtu 16 Maret 2019

Medan, 19 Maret 2019,

          Mars “Seruan Rimba” yang dikumandangkan dari tape recorder, di pagi hari yang cerah, pada Sabtu 16 Maret 2019, menyambut kehadiran lebih dari 100 orang rimbawan Provinsi Sumatera Utara, berasal dari perwakilan Dinas Kehutanan beserta 11 UPT lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara.

          Rimbawan ini berkumpul untuk melaksanakan penanaman 100 bibit pohon sebagai  rangkaian dari kegiatan Peringatan Hari Bhakti Rimbawan Ke-36 Tahun 2019. Penanaman dilakukan di sepanjang jalan Simalingkar – Durian Tonggol, Kecamatan Pancur Batu, Kabupaten Deli Serdang, dengan jenis tanaman tanjung dan flamboyan.

          Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc. For., selaku Koordinator Wilayah UPT Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumatera Utara, dalam sambutannnya menyampaikan tidak terasa sudah 36 tahun rimbawan berbakti di negara Republik Indonesia. Para rimbawan harus menjadi barisan terdepan untuk merawat dan melestarikan bumi ciptaan Tuhan.

          “Menanam pohon itu mudah, bahkan biji yang jatuh dari pohon pun bisa tumbuh. Tapi yang paling utama adalah merawat dan menjaganya sehingga menjadi pohon yang besar dan subur. Jangan hanya ditanam lalu ditinggalkan,” ujar Hotmauli.

pohon
Penanaman pohon oleh Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara (gbr.1), Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara (gbr.2), Balai Penelitian dan Pengembangan LHK (gbr.3), Balai Perhutanan Sosial dan Kelembagaan Lingkungan Wilayah Sumatera (gbr.4), Balai Pendidikan dan Pelatihan LHK Pematangsiantar (gbr.5) dan Balai Pengelolaan DAS Wampu Sei Ular (gbr.6)

Suasana penanaman yang meriah mengundang perhatian masyarakat yang lalu lalang di sepanjang jalan. Beberapa pengendara kendaraan roda dua dan empat bahkan sempat menghentikan kendaraannya untuk menyatakan simpati serta mengucapkan selamat Hari Bhakti Rimbawan.

Kekompakan dan keakraban seluruh rimbawan terpancar dari kegiatan penanaman. Usai penanaman seluruh rimbawan berbaur menyatu berfoto bersama dengan wajah ceriah. Rimbawan Sumatera Utara ini masih akan bertemu dan berkumpul kembali dalam puncak acara Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2019, pada Senin 18 Maret 2019, di kompleks Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara. (Evan)