STUDI LAPANGAN SMAN 3 TEBING TINGGI KE TWA SIBOLANGIT

sma 3

Kegiatan studi lapangan SMAN 3 Tebing Tinggi di TWA Sibolangit

Sibolangit, 4 April 2019

Pengetahuan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya secara insitu (dihabitat alam) bagi pelajar sangatlah diperlukan. Hutan menjadi salah satu wahana tempat pendidikan, budidaya, penelitian dan pembelajaran bagi siswa/i, seperti yang dilakukan SMAN Negeri 3 Tebing Tinggi ketika melaksanakan Studi Lapangan di Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, pada Rabu 3 April 2019, dipimpin  Barita Tarigan, SPd serta 2 guru pendamping, dengan  67 orang siswa.

Para siswa dilapangan dibagi menjadi 3 kelompok dan dipandu langung oleh petugas Resort CA/TWA Sibolangit. Siswa/i dipandu memasuki kawasan Taman Wisata Alam Sibolangit untuk pengenalan keragaman tumbuhan, dari tingkat bawah sampai pohon serta manfaatnya.  Setiap siswa diberi kesempatan untuk bertanya, mencatat, memphoto berbagai keragaman jenis tumbuhan yang ada di sepanjang jalur interpretasi, untuk bahan  presentase nantinya di sekolah. Kegiatan pengamatan ini dimaksudkan untuk mengetahui taksonomi dari masing-masing jenis tumbuhan.

sddsd

Photo bersama usai kegiatan Studi Lapangan

Studi lapangan sudah menjadi agenda tetap setiap tahunnya yang dilaksanakan oleh SMAN 3 Tebing Tinggi di TWA Sibolangit. Melalui kegiatan pembelajaran konservasi alam ini, setiap siswa dapat langsung merasakan hawa alam yang nyata, keragaman tumbuhan, keunikan alam yang dapat bisa langsung dilihat serta disini pulalah seluruh proses suksesi alam dipelajari. (Samuel Siahaan, SP/PEH Pertama)

%d blogger menyukai ini: