KUNJUNGAN TIM KARANTINA PERTANIAN BELAWAN KE TWA SIBOLANGIT

karantina
Tim dokter hewan Karantina Pertanian Belawan didampingi dokter hewan TWA Sibolangit sedang melakukan pemeriksaan 28 Burung dilindungi

Medan, 24 April 2019

Tim dokter hewan Karantina Pertanian Belawan mengunjungi TWA Sibolangit  guna melaksanakan pemerikasaan kesehatan dan pemantauan kondisi  28 individu burung dilindungi yang dititipkan di PPS Sibolangit, pada Selasa 16 April 2019.

Sebagaimana yang telah diberitakan sebelumnya (Red., 16 April 2019), bahwa 28 (dua puluh delapan) individu burung dilindungi, yaitu : 23 (dua puluh tiga) individu burung Nuri Ambon (Alisterus amboinensis) termasuk dalam Appendix II CITES,  1 (satu) individu Burung Nuri Kepala Hitam (Lorius lory) termasuk dalam Appencix II CITES serta 4 (empat) individu burung Kakaktua Jambul Kuning (Cacatua sulohurea) tercantum dalam Appendix I CITES, berhasil diselamatkan oleh Tim Patroli Laut KPP Bea Cukai Belawan pada saat melakukan patroli rutin pengawasan antar pulau atas barang tertentu di wilayah perairan Belawan, pada Sabtu 13 April 2019, sekitar pukul 22.30 WIB.

WhatsApp Image 2019-04-15 at 16.40.05
Press Release Penyelamatan Satwa Dilindungi

Dalam Press Release Kepala Kantor Pelayanan Bea Cukai Belawan, Haryo Limanseto, yang didampingi Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For., dan Kepala Balai Besar Karantina Pertanian Belawan, Drh. Bambang Haryanto, MM., pada Kamis 15 April 2019, di Aula KPP Bea Cukai Tipe Madya Pabean Belawan, Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dihadapan tamu dan undangan dari TNI, POLRI, Balai Pengamanan dan Gakkum LHK Wilayah Sumatera, Kejaksaan Negeri Belawan, media cetak, media elektronik dan media online, menyampaikan bahwa ke 28 individu burung dilindungi tersebut dibawa ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) di TWA Sibolangit untuk mendapatkan perawatan serta rehabilitasi sebelum dilepasliarkan. Nantinya burung-burung tersebut akan ditranslokasi dan di lepasliarkan ke habitat alaminya di wilayah Timur Indonesia.

Kehadiran Tim dokter hewan karantina Pertanian Belawan di PPS Sibolangit adalah dalam rangka melakukan pemeriksaan kesehatan serta pengambilan sampel untuk keperluan pemeriksaan laboratorium guna menjamin kondisi kesehatan satwa serta memastikan bahwa ke 28 burung dilindungi tersebut bebas dari penyakit, sehingga tidak mengganggu satwa-satwa lainnya yang ada di PPS Sibolangit.

WhatsApp Image 2019-04-22 at 07.32.10 (2)
Tim Dokter Karantina dan Dokter Hewan PPS Sibolangit

Selama di lokasi PPS Sibolangit, Tim dokter hewan Karantina Pertanian Belawan didampingi tim dokter PPS Sibolangit serta staf Resort Konservasi CA./TWA. Sibolangit. (Ade Yunita)