HARI BUMI 2019 DIPERINGATI DI TWA SIBOLANGIT

hari bumi.PNG

PesertaHari Bumi Mahasiswa Unimed Medan

Sibolangit, 30 April 2019

Sabtu pagi, 27 April 2019, yang cerah, Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit diramaikan oleh 445  pengunjung. Hari itu Balai Besar KSDA Sumatera Utara melalui Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe bersama dengan Indonesia Conservation Species Program (ISCP), melaksanakan kegiatan Peringatan Hari Bumi Tahun 2019.

Generasi muda, baik dari kalangan pelajar tingkat Sekolah Dasar (SD), yaitu SD Negeri 101833 Sibolangit dan SD DOD Medan, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Sibolangit, maupun dari kalangan mahasiswa Universitas Sumatera Utara (USU) dan Universitas Negeri Medan (Unimed) berbaur merayakan Hari Bumi yang biasa diperingati setiap tanggal 22 April.

Thema yang diusung tahun ini “Protect Our Species” sebagaimana yang dikutip dari situs Global Earth Day, dimaksudkan untuk mengingatkan kembali para penghuni bumi akan pentingnya menjaga lingkungan serta spesies di dalamnya, ujar Kepala Resort CA./TWA. Sibolangit, Samuel Siahaan, SP., selaku penyelenggara Peringatan Hari Bumi.

“Sebagai makhluk berakal mulia sudah menjadi kewajban kita untuk menjaga bumi dengan baik dan bukan malah merusaknya. Dengan aksi nyata kita, seperti aksi bersih dan pungut sampah merupakan bagian dari peran kita dalam merawat bumi,” ujar Samuel Siahaan.

Rangkaian kegiatan peringatan Hari Bumi Tahun 2019, diisi dengan aksi bersih pungut sampah plastik yang diikuti siswa/siswi SD Negeri 101833 Sibolangit dan siswa/siswi SMP Negeri 2 Sibolangit, wisata edukasi konservasi dan lingkungan (Ekoling)  SD DOD Medan, pelepasliaran 1 (satu) individu satwa jenis monyet ekor panjang ke kawasan TWA Sibolangit hasil penyerahan warga Kota Medan, Netty Manurung, kuliah lapangan mahasiswa/i Universitas Negeri Medan dalam mempelajari keanekaragaman tumbuhan TWA Sibolangit, serta pembuatan vidio Ekoling oleh Team Kreatif Fakultas Kehutanan USU.

haribumiweb.PNG

WisataEkoling SD DOD Medan dipandu Kepala Resort CA/TWA Sibolangit (a), 8 Aksi Pungut Sampah Siswa/i SD 101833 dan SMP Negeri 2 Sibolangit (b)

hari bumi 3.PNG

Kuliah Lapangan Mahasiswa Unimed

Acara peringatan Hari Bumi semakin meriah dengan penampilan siswa/i SMP Negeri 2 Sibolangit peserta Program Pendidikan dan Penyuluhan KSDA, kerjasama Balai Besar KSDA Sumatera Utara dengan SMP Negeri 2 Sibolangit, yang menampilkan lagu-lagu bertemakan konservasi alam, dengan pesan mengajak semua orang untuk peduli melestarikan alam, serta melindungi flora dan fauna Indonesia. (Samuel Siahaan, SP. / PEH Pertama)

%d blogger menyukai ini: