BALAI BESAR KSDA SUMATERA UTARA PERINGATI HARI KEANEKARAGAMAN HAYATI 2019

KRH.PNG
Penyerahan satwa jenis Burung Julang Emas menandai Peringatan Hari Keanekaragaman Hayati 2019  

Sibolangit, 23 Mei 2019

Momentum peringatan Hari Keanekaragaman Hayati 2019, Balai Besar KSDA Sumatera Utara melaksanakan serangkaian kegiatan, pada Rabu 22 Mei 2019, di Taman Wisata Alam Sibolangit. Meliputi seremoni penyerahan satwa dan pelepasliaran satwa yang dilindungi Undang-undang.

Penyerahan satwa liar burung jenis Julang Emas (Rhyticeros undulatus) sebanyak 1 (satu) individu ke Balai Besar KSDA Sumatera Utara, merupakan hasil kegiatan patroli Tumbuhan dan Satwa Liar Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL)  yang disita dari masyarakat. Penyerahan satwa ini dilaksanakan oleh Tomin, staf pada Balai Besar TNGL dan diterima langsung Koordinator Pusat Penyelamatan Satwa(PPS) Sibolangit Fatimah Sari, S.KH., disaksikan Kepala Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe Mustafa Imran Lubis, SP mewakili Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara,  Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, Tuahman Raya, S.Sos dan Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat, Herbert BP. Aritonang, S,Sos, MH.   

Pada kesempatan itu Kepala Bidang KSDA Wilayah I Kabanjahe menyambut baik penyerahan ini sebagai bagian dari penyelamatan keanekaragaman hayati jenis satwa liar. Usai acara seremoni dilanjutkan dengan penandatangan Berita Acara dan kemudian menitipkannya ke PPS Sibolangit  untuk penanganan oleh tim medis mengingat satwa ini masih anakan dan perlu perawatan lebih lanjut sebelum dilepasliarkan kembali ke alam.

Acara seremoni ini dihadiri juga Staf Resort CA/TWA Sibolangit, Staf Resort TWA Lau Debuk debuk dan Deleng Lancuk,  Staf BBTNGL, Pihak SMECO (Sumatera Eco Project) Supriadi, Kader Konservasi Habibullah Nasution dan lembaga mitra kerjasama Balai Besar KSDA Sumatera Utara Yayasan Program Konservasi Species Indonesia Rudianto Sembiring dan Staf.

Sore harin tepat pukul 18.30 bertempat di Taman Wisata Alam Sibolangit  juga dilepasliarkan satwa liar dilindungi  jenis Binturong (Arctictis binturong) sebanyak  1 (satu)  individu, yang selama ini dirawat di PPS Sibolangit, hasil sitaan dari masyarakat oleh tim Poldasu  sejak 31 Januari 2018, dan 1 individu Kukang Sumatera (Nycticebus coucang) merupakanpenitipan di Kandang Edukasi Lembaga YPSI yang diserahkan masyarakat Kecamatan Sibolangit Desa Salabulan pada tanggal 7 Februari 2019 lalu. Pelepasliaran dipimpin oleh Kepala  Resort CA/TWA Sibolangit Samuel Siahaan, SP bersama Koordinator PPS dan tim YPSI.

KRH1.PNG
Binturong (gambar kiri) dan Kukang Sumatera (gambar
Kanan) yang dilepasliarkan di TWA Sibolangit

Masih dalam rangkaian peringatan Hari Keanekaragaman Hayati Tahun 2019,  pada tanggal 24 Mei 2019  akan dilakukan pelepasliaran 2 individu Elang Bondol (Haliartus indus) dan 2 Ekor Elang Laut  Perut Putih ( Halieaeetus leuogaster) ke habitatnya yaitu Suaka Margasatwa Langkat Timur Laut dan Karang Gading. Satwa yang  dilepasliarkan tersebut bagian dari mempertahankan keberadaan satwa liar di habitatnya. Seluruh Elang  ini merupakan penyerahan dari masyarakat Kota Medan sebagai hasil Operasi Patroli Pengendendalian Tumbuhan dan Satwa Liar Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan Balai Gakum Wilayah Sumatera tahun 2017-2018. (Samuel Siahaan-PEH Pertama).