SERTIJAB KEPALA SEKSI KONSERVASI WILAYAH III KISARAN

DSCF5786.JPG
Serah terima dari Plt. Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, Amenson Girsang, SP., kepada pejabat defenitif Alfianto Luat Siregar, S.Hut., MT., MP.P. disaksikan Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan Kepala Bagian Tata Usaha, Teguh Setiawan, S.Hut.

Medan, 28 Mei 2019

          Balai Besar KSDA Sumatera Utara menggelar acara Serah Terima Jabatan Eselon IV Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, pada Kamis 23 Mei 2019, bertempat di ruang rapat Balai Besar KSDA Sumatera Utara. Serah Terima Jabatan ini merupakan tindak lanjut dari Surat Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. SK.346/Menlhk/Setjen/ Peg.2/5/2019 tanggal 15 Mei 2019 tentang Pengisian dan Mutasi Jabatan Pengawas (Eselon IV) Kementerian LHK.

          Sertijab yang dipimpin Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, dilaksanakan dari Plt. Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, Amenson Girsang, SP. kepada pejabat baru Alfianto Luat Siregar, S.Hut., MT., MP.P. Pelaksana Tugas (Plt.) sebelumnya merangkap jabatan sebagai Kepala Seksi Perencanaan, Perlindungan dan Pengawetan pada Bidang Teknis Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

          Dalam sambutan dan arahannya Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For. menyampaikan beberapa hal kepada pejabat baru, diantaranya agar segera membangun kekuatan melalui konsolidasi baik di internal Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran maupun dengan stakeholders lainnya, seperti : Camat, Kapolsek dan Koramil yang ada disekitar wilayah kerja. Konservasi tidak akan berjalan dengan baik bila tidak membangun serta menjalin kemitraan dengan berbagai stakeholders, ujar Hotmauli.

          Selain itu, Kepala Balai Besar juga mengingatkan pejabat baru untuk segera mempelajari dan menguasai wilayah kerjanya, termasuk kondisi kawasan konservasi serta menginventarisir berbagai permasalahan-permasalahan yang ada, dan mencarikan solusi penyelesaiannya.

          “Bangun kariermu dan jangan kotori sumur (mata air)mu, karena itulah sumber kehidupanmu. Sekali berbuat cacat, maka akan sulit untuk memperbaiki/memulihkannya,” nasehat bijak Kepala Balai Besar kepada pejabat baru, sebelum mengakhiri sambutan dan arahan.

          Pejabat baru Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kepala Balai Besar KSDA Sumut yang telah memberikan kesempatan untuk promosi serta memberikan arahan-arahan yang akan dijadikan pedoman dalam melaksanakan tugas nantinya. Diharapkan juga bantuan dan dukungan dari seluruh pegawai lingkup Balai Besar KSDA Sumatera Utara, terlebih dari Kepala Bidang Konservasi Wilayah II Pematangsiantar beserta jajarannya.\

DSCF5793.JPG
Alfianto Luat Siregar, S.Hut., MT., MP.P

         Alfianto Luat Siregar, S.Hut., MT. MP.P. yang dilahirkan di Pematangsiantar, 35 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 12 Mei 1984, merupakan pejabat promosi. Karier PNS nya dimulai pada tahun 2008 sebagai staf di Seksi Konservasi Wilayah IV Tarutung. Setelah itu, berbagai bidang tugas dijalaninya, seperti : staf pada Sub Bagian Program  dan Kerjasama, staf pada Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan dan terakhir sebelum promosi, sebagai Analis Data pada Sub Bagian Data, Evaluasi Pelaporan dan Kehumasan Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

          Bapak dari 1 orang putri ini, Aiko Siregar, merupakan alumni Kehutanan Institut Pertanian Bogor (IPB) tahun 2007. Pada tahun 2011 mendapat kesempatan tugas belajar di Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Jepang serta berhasil meraih gelar kesarjanaan  MT dan MP.P.

          Prinsip hidupnya yang selalu ingin mencoba sesuatu yang baru dan selalu tertarik dengan tantangan pekerjaan, mengantarkannya untuk mengasah dan menguji kemampuan dalam menjalani tugas baru sebagai Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran pada Bidang Konservasi Wilayah II Pematangsiantar.

          Acara sertijab yang dihadiri pejabat struktural eselon III dan eselon IV lingkup Balai Besar KSDA Sumatera Utara serta pegawai Balai Besar KSDA Sumatera Utara berjalan dengan penuh keakraban. Selamat bertugas bagi pejabat baru. (Nofri Yeni, SP./ PEH Pertama)