KITA INDONESIA… KITA PANCASILA …!


DSCF6017
Pejabat Eselon II dan Eselon III menggelorakan semangat : “Kita Indonesia… Kita Pancasila…!” pada upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila, 1 Juni 2019.

Medan, 11 Juni 2019

          Meski hujan rintik-rintik membasahi halaman kantor Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara, namun tidak melemahkan mental dan spirit peserta upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila, pada Sabtu 1 Juni 2019, bahkan sebaliknya tetap semangat dan tertib  dalam mengikuti rangkaian upacara.

          Pagi itu, seluruh rimbawan UPT Kementerian LHK lingkup Propinsi Sumatera Utara serta Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara berbaur mengikuti Upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila Tahun 2019. Bertindak sebagai pembina upacara adalah Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Dr. Ir. Hotmauli Sianturi, M.Sc.For.

          Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Hariyono, dalam sambutannya yang dibacakan Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara, selaku Koordinator Wilayah UPT Kementerian LHK lingkup Propinsi Sumatera Utara, menyampaikan, bahwa Pancasila sebagai Dasar Negara, Ideologi Negara dan Pandangan Hidup Bangsa yang digali oleh para “Pendiri Bangsa” merupakan anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

DSCF5995.JPG
Sambutan Plt. Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dibacakan Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara selaku Pembina Upacara

Selanjutnya, Hariyono menjelaskan, sesuai dengan pesan Presiden Jokowi, bahwa memperingati dan merayakan Hari Kelahiran Pancasila setiap tanggal 1 Juni merupakan suatu keniscayaan. Pertama, kita berusaha mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa Indonesia sebagai Dasar Negara sehingga bangsa nusantara yang beragam dapat bersatu dan menyatu sebagai satu bangsa.

          Kedua, dengan merayakan Hari Kelahiran Pancasila, kita bangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai “Leitstars Dinamis”, Bintang Penuntun, mengandung visi dan misi negara yang memberikan orientasi, arah perjuangan dan pembangunan bangsa kedepan. Sebagai energi positif bangsa, Pancasila terus memberikan harapan untuk masa depan, khususnya dalam merealisasi visi dan misi bangsa Indonesia, ujar Hariyono.

KAKKSDASKDAKSDK.PNG
Peserta upacara Peringatan Hari Kelahiran Pancasila, Pejabat Eselon II dan III (gbr. kiri), Pejabat Eselon IV (gbr. kanan)
DSCF5973.JPG
staf UPT Kementerian LHK lingkup Propinsi Sumatera Utara serta Dinas Kehutanan Propinsi Sumatera Utara 

“Kita Indonesia, Kita Pancasila adalah sosok yang percaya diri, optimis dan penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur. Kita bersatu membangun bangsa untuk merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila”, pesan Hariyono di akhir sambutannya. (Evan).