RESCUE ORANGUTAN SUMATERA TERISOLIR DI DESA SEI LITUR TASIK KEC. SAWIT SEBERANG

WhatsApp Image 2019-05-28 at 15.40.44.jpeg
Orangutan yang akan di lepasliarkan 

Medan, 28 Mei 2019

Pada hari Sabtu 25 Mei 2019  tim gabungan dari Balai Besar KSDA Sumatera Utara dan HOCRU Orangutan Information Center (OIC) telah melakukan rescue terhadap 1 individu Orangutan Sumatera  yang terisolir di perladangan karet milik masyarakat di Dusun 8 Desa Sei Litur Tasik Kecamatan Sawit Seberang Kabupaten Langkat.

Orangutan Sumatera (Pongo abelii) terisolir di perladangan yang dapat membahayakan keselamatan Orangutan serta kekhawatiran menimbulkan kerugian dan kekhawatiran bagi masyarakat sekitar perladangan.  Hasil observasi diduga ada 2 individu Orangutan Sumatera yang terisolir di areal perladangan tersebut. Rescue  terhadap Orangutan dilakukan pada pukul 13.30 Wib dengan cara melakukan pembiusan dengan senjata bius.

Selanjutnya, tenaga medis dari OIC melakukan pemeriksaan kesehatan Orangutan Sumatera dan dinyatakan sehat serta tidak ditemukan adanya luka-luka atau malfungsi lainnya di bagian tubuh. Perilakunya juga masih liar seperti orangutan pada umumnya sehingga masih memungkinkan untuk translokasi kehabitat alaminya.

WhatsApp Image 2019-05-28 at 15.40.44 (1).jpeg
Tim di lokasi pelepasliaran Orangutan
WhatsApp Image 2019-05-28 at 15.40.47 (1).jpeg
Orangutan Sumatera dilepasliarkan dibawa menggunakan Kandang transpor Orangutan

Tim berkoordinasi dengan Kepala Seksi PTN 5 Besitang, Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser (BBTNGL), lokasi translokasi direkomendasikan di Hutan Restorasi Resort Cinta Raja, TN. Gunung Leuser. Selanjutnya tim menuju lokasi membawa Orangutan dengan kandang transport, dan pada pukul 18.00 Orangutan langsung dilepasliarkan.

Di perladangan karet masyarakat tempat terisolirnya Orangutan sampai saat ini masih dilakukan monitoring untuk mengamankan kemungkinan terdapatnya individu Orangutan lainnya di lokasi tersebut. (Herbert Aritonang)