AKSI BERSIH TWA DOLOK TINGGI RAJA BERSAMA CAMAT SILAU KAHEAN

AKSI BERSIH.PNG
Aksi Gotong Royong Bersih Sampah Di Dolok Tinggi Raja

Dolok Tinggi Raja, 1 Juli 2019

Jum’at, 28 Juni 2019 Bidang KSDA Wilayah II Pematangsiantar mengadakan aksi bersih sampah di kawasan. Aksi ini berupa gotong royong mengutip sampah di kawasan kawah biru Taman Wisata Alam Dolok Tinggi Raja guna memberikan contoh kepada masyarakat sekitar bahwa kebersihan itu sangat penting bukan hanya di dalam rumah dan sekitarnya tetapi perlu dilakukan di lokasi yang menjadi tujuan wisata.

Kegiatan gotong royong ini dilakukan bersama Staf Bidang KSDA Wilayah II, Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran dan Staf Petugas Resort CA/TWA Dolok  Tinggi Raja, Masyarakat Pangulu Nagori Dolok Marawa, Camat Silau Kahean beserta jajarannya yang turut serta melakukan aksi bersih sampah di TWA. Dolok Tinggi Raja.

Aksi ini mendukung wisata TWA Dolok Tinggi Raja. Terbitnya Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Nomor SK.397/MENLHK/SETJEN/PLA.2/9/2018 tanggal 18 September 2018 merubah sebagian kawasan CA. Dolok Tinggi Rajai menjadi Taman Wisata Alam seluas + 60,94 Hektar. Dengan keputusan ini, maka yang tadinya lokasi wisata Dolok Tinggi Raja dengan objek utamanya adalah kawah biru merupakan kegiatan yang dilarang karena status kawasan cagar alam, sekarang sudah diperbolehkan dan dapat dikembangkan untuk tujuan/aktivitas wisata.

Kepedulian pengelolaan sampah tidak hanya sekedar membudayakan mumbuang sampah pada tempatnya, namun kedepannya di harapkan setiap warga secara mampu memilah sampah seperti organik dan anorganik.

Aksi bersih sampah perlu terus diadakan dengan melibatkan seluruh lapisan masyarakat sebelum menimbulkan permasalahan besar bagi kelestarian lingkungan. Budaya sadar lingkungan dan sadar mengelola sampah harus dimulai dari diri sendiri. (Balai Besar KSDA Sumatera Utara)