PERINGATAN HARI SUNGAI NASIONAL 2019

sib.PNG
Peserta Peringatan Hari Sungai Nasional Tahun 2019 di SMP Negeri 2 Sibolangit, Jumat 26 Juli 2019

Sibolangit, 26 Juli 2019

          Dalam rangka memperingati Hari Sungai Nasional Tahun 2019, Forum Komunikasi Kader Konservasi Indonesia (FK3I) Koordinator Cabang Deli Serdang bersama dengan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, melaksanakan rangkaian kegiatan peringatan yang dilaksanakan pada Jumat, 26 Juli 2019, dilingkungan sekolah SMP Negeri 2 Sibolangit dan kawasan TWA Sibolangit.

          Habibullah Nasution, Ketua Koordinator Cabang FK3I Deli Serdang,  didampingi Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe, diwakili Kepala Seksi Konservasi Wilayah I Sidikalang, Tuahman Tarigan, S.Sos., dan Kepala Resort CA/TWA Sibolangit, Samuel Siahaan, SP., dalam penjelasannya menyebutkan bahwa kegiatan Peringatan Hari Sungai Nasional Tahun 2019 dilaksanakan 2 hari berturut-turut, tanggal 26 dan 27 Juli 2019.

sibo.PNG
Habibullah Nasution, Ketua
    Koordinator Cabang FK3I
    Deli Serdang, selaku Ketua
    Pelaksana Peringatan Hari
    Sungai Nasional 2019

Khusus hari ini, tanggal 26 Juli 2019, kegiatan dipusatkan di SMP Negeri 2 Sibolangit, dimaksudkan sebagai edukasi kepada generasi muda khususnya pelajar untuk menghargai lingkungan sekitar, termasuk sungai dengan tidak membuang sampah sembarangan. Oleh karena itu kegiatan utama yang dilakukan adalah aksi pungut sampah dilingkungan sekolah dengan melibatkan seluruh siswa serta guru-guru, ujar Habibullah.

sibol
4 karung sampah plastik yang berhasil dikumpulkan dari lingkungan SMP Neneri 2 Sibolangit (gambar kiri), Kepala Resort CA/TWA Sibolangit, Samuel Siahaan, SP. memberikan penyuluhan

Hanya dalam waktu 1 jam, terkumpul 4 karung sampah, khususnya sampah plastik, dari lingkungan sekolah. Disela-sela kegiatan, Kepala Resort CA/TWA Sibolangit, Samuel Siahaan, SP., juga menggunakan kesempatan untuk memberi penyuluhan kepada siswa-siswi dan juga mahasiswa dari Fakultas Kehutanan Universitas Sumatera Utara (USU) dan Fakultas Ushuluddin Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara, yang ikut serta dalam kegiatan aksi bersih dan pungut sampah, tentang bahaya sampah plastik dan perlunya mengubah perilaku penggunaan bahan-bahan dari plastik, seperti : minuman mineral berbahan plastik, serta plastik kresek.

Kepala SMP Negeri 2 Sibolangit, Drs. Marumbal Siahaan, M.Pd., menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada FK3I Koordinator Cabang Deli Serdang dan Balai Besar KSDA Sumatera Utara atas penyelenggaraan kegiatan Peringatan Hari Sungai Nasional Tahun 2019 di lingkungan SMP Negeri 2 Sibolangit, dan berharap kegiatan ini memberi manfaat edukasi bagi siswa serta dapat rutin dilakukan setiap tahunnya.

sibola.PNG
Kepala SMP Negeri 2 Sibolangit, Drs. Marumbal Siahaan, M.Pd., saat menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepad semua pihak yang ikut dalam kegiatan Peringatan Hari Sungai Nasional Tahun 2019

Peringatan ini selain diikuti seluruh siswa dan guru-guru, juga turut hadir mahasiswa dari USU dan UIN Sumatera Utara, Kelompok Sadar Wisata Sibolangit, perwakilan PDAM Tirtanadi Cabang Sibolangit dan lembaga mitra kerjasama Balai Besar KSDA Sumatera Utara ISCP. Kegiatan ini pun didukung oleh Bupati Deli Serdang, Kepala Kepolisian Resort Kota Besar Medan dan Kepala Kepolisian Sektor Pancur Batu. (Evan)