PEMADAMAN KEBAKARAN DI CA. MARTELU PURBA

al

Purba Tongah, 8 Agustus 2019

          Kepala Resort CA. Martelu Purba bersama dengan calon Masyarakat Mitra Polhut (MMP), saat melakukan kegiatan patroli rutin perlindungan hutan, pada Rabu, 7 Agustus 2019, mendengar adanya suara letupan semak/perdu/kayu kering  seperti suara terbakar disekitar penyangga kawasan CA. Martelu Purba, di Desa (Nagori) Purba Tongah, Kecamatan Purba, Kabupaten Simalungun.

Setelah ditelusuri, ternyata benar terjadi kebakaran lahan di lokasi tersebut dan melihat asap mengepul. Dengan menggunakan kayu pancang, api berusaha dipadamkan. Api cepat menyebar akibat hembusan angin, sehingga saat satu titik berhasil dipadamkan, dititik lain api kembali membakar semak-semak.

Upaya pemadaman dengan menggunakan alat seadanya, terus dilakukan sampai akhirnya titik-titik api padam dan kondisi lahan yang terbakar dipastikan aman. Luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar 2000 m2. Dan di lokasi tidak ditemukan oknum yang diduga sebagai pelaku pembakaran.

Selanjutnya Kepala Resort CA. Martelu Purba melaporkan peristiwa ini melalui hubungan telephon kepada Sekretaris Desa Purba Tongah serta Kanit Sabara Kepolisian Sektor (Polsek) Purba. Dan secara tertulis dilaporkan juga kepada Kepala Seksi Konservasi Wilayah III Kisaran, Kepala Bidang Konservasi Wilayah II Pematangsiantar, Camat Kecamatan Purba, Kapolsek Purba dan Pangulu Nagori Purba Tongah.

Kepala Resort CA. Martelu Purba menghimbau kepada masyarakat, khususnya disekitar kawasan CA. Martelu Purba, untuk tidak melakukan aktivitas pembakaran lahan maupun aktivitas lainnya yang menyebabkan terjadinya kebakaran, seperti membuang puntung rokok sembarangan. Diharapkan juga dukungan dari instansi terkait untuk ikut menjaga dan mengamankan keberadaan kawasan CA. Martelu Purba (Alharis Ruhidi, SP. Pengolah Data).