SOSIALISASI MITIGASI KONFLIK HARIMAU SUMATERA

Sibolangit, 13 Agustus 2019

          Masih belum lepas dalam ingatan kita peristiwa kemunculan Harimau Sumatera beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 12-18 April di Desa Durin Serugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Dan untuk memberikan edukasi serta penyadaran kepada masyarakat, Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama dengan lembaga mitra kerjasama WCS-IP, Gras dan YPKSI melaksanakan kegiatan Sosialisasi Mitigasi Konflik Satwa Harimau Sumatera, yang dilaksanakan pada Jumat, 9 Agustus 2019 di Desa Durin Serugun.

          Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diwakili Kepala Bidang Konservasi Wilayah I Kabanjahe, Mustafa Imran Lubis, SP., dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan Sosialisasi Mitigasi Konflik Harimau Sumatera dimaksudkan untuk mengetahui, mengantisipasi dan mempersiapkan serta mengatasi jika gangguan atau konflik terjadi, khususnya dengan Harimau Sumatera.

mitigasi4
Materi Pembukaan dan arahan dari Kepala Bidang KSDA Wiayah I Mustafa Imran Lubis, SP

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri 30 orang peserta, terdiri dari masyarakat, Kepala Desa bersama aparat desa, Kepala Resort CA/TWA Sibolangit, staf Balai Pengelola UPT Tahura Bukit Barisan, Muspika Kecamatan Sibolangit, Kader Konservasi dan PEH Balai Besar KSDA Sumatera Utara.

mitigasi1.PNG
Materi dari Kepala Seksi Perlindungan Kepala Seksi Perlindungan UPTD Tahura Bukit Barisan

Sedangkan yang bertindak sebagai narasumber, masing-masing : Fitri Noor CH., S.Hut., MP., PEH pada Balai Besar KSDA Sumatera Utara dengan menyajikan materi Kebijakan dan Peranan Balai Besar KSDA Sumatera Utara Dalam Implementasi Strategi dan Rencana Aksi Konservasi Harimau Sumatera, Paul S. Pinem, Plt. Kepala Seksi Perlindungan Hutan dan KSDA Balai Pengelola UPT Tahura Bukit Barisan dengan materi Pengelolaan Kawasan Konservasi Taman Hutan Raya Bukit Barisan, serta Afrizal M. Alfarizi dari WCS-IP menyajikan meteri Upaya Hidup Berdampingan Dengan Harimau Sumatera.

          Acara yang merupakan rangkaian kegiatan Peringatan Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) Tahun 2019 Balai Besar KSDA Sumatera Utara, mendapat sambutan dan respon yang positif baik dari Kepala Desa Durin Serugun, Ngamanken Ginting, maupun Camat Kecamatan Sibolangit, Febri Gurusinga, yang dalam arahannya menghimbau kepada masyarakat agar ikut berperan dalam menjaga kelestarian Harimau Sumatera  dengan tidak menggangu hutan sebagai habitatnya. (Samuel Siahaan SP./PEH Pertama).