BBKSDA SUMUT RAIH JUARA TERBAIK I PAMERAN 9thn INDONESIA CLIMATE CHANGE FORUM AND EXPO 2019

DSCF7376.JPG
Balai Besar KSDA Sumatera Utara meraih juara i stand TERBAIK kategori Kementerian/Lembaga

Medan, 12 September 2019

Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan RI, Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Lingkungan Hidup dan Provsu menyelenggarakan Pameran 9thn Indonesia Climate Change Forum and Expo tahun 2019 dengan mengusung tema “Future Climate and Me” dan Pekan Lingkungan Hidup pada tanggal 5-7 September 2019 di Santika Premiere Dyandra Hotel & Convention – Medan Sumatera Utara.

Pameran ini diikuti oleh 34 peserta 9thn Indonesia Climate Change Forum and Expo dan 26 Peserta Pekan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Utara. Semua peserta hadir dari seluruh Provinsi di indonesia baik dari lingkup Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI (KLHK) maupun industri mitra kerja UPT KemenLHK.

Alhamdulillah pada pameran ini “Stand Balai Besar KSDA Sumatera Utara meraih Gelar “JUARA I (SATU)”  dalam kategori Kementerian/Lembaga. Ini merupakan bagi Balai Besar KSDA Sumatera Utara, karena ini merupakan Pameran yang di adakan Se-Indonesia setiap tahunnya.

pameran.PNG
Kunjungan Kepala Biro Hubungan Masyarakat Djati.Witjaksono Hadi,M.Si
ke stand Balai Besar KSDA Sumatera Utara

Kepala Balai Besar KSDA Sumatera Utara Ir. Hotmauli Sianturi,M.Sc.For mengucapkan “terimakasih kepada seluruh tim pameran BBKSDA SUMUT yang sudah bekerja secara optimal dan maksimal. Berkat kerjasama, kerja kerasnya yang luar biasa. Terpilihnya sebagai stand TERBAIK I (satu) ini adalah hasil dari pekerjaan yang tidak sia-sia, dan terimakasih juga kepada seluruh mitra yang mendukung stand Balai Besar KSDA Sumatera Utara, Pengunjung yang sudah meramaikan dan membuat stand tampak lebih hidup dan ramai, serta adik-adik binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang sudah mengisi acara dari SMP Negeri 2 Sunggal, SMP Negeri 2 Sibolangit, SD Dharma Medan dan Kelompok Sadar Wisata Sibolangit Berseri”.

Semoga prestasi ini dapat dipertahankan serta ditingkatkan di kesempatan lain atau waktu-waktu yang akan datang…

Pada hari pertama pameran di awali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya yang diiringi dengan paduan suara dari SDN Sekolah Adiwiyata National 2019, pembacaan do’a, Tarian Persembahan Sumatera Utara, lalu sambutan dari Kepala Biro Hubungan Masyarakat KLHK, Ir. Djati Witjaksono Hadi,M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provsu, Dr. Ir. Binsar Situmorang,M.Si,MAP, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi yang diwakili oleh Wakil Gubernur Sumatera Utara, Drs.H.Musa Rajekshah,M.Hum, Sambutan sekaligus pembukaan dari Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Dr. Ir. Siti Nurbaya,M.Sc.  selanjutnya ramah tamah dengan meninjau Area Pameran.

DSCF6991.JPG
Kunjungan Wakil Gubernur Sumatera Utara di Stand Balai Besar KSDA Sumatera Utara

DSCF6998.JPG

Balai Besar KSDA Sumatera cukup berperan pada pameran ini dengan penampilan-penampilan anak didik konservasi dan kelompok sadar wisata di panggung pameran.

Di hari pertama tanggal 5 September 2019, stand Balai Besar KSDA Sumatera Utara tampak sangat ramai pengunjung dan sangat berantusias berkunjung ke stand BBKSDA SUMUT, berbondong-bondong untuk berfoto, hal ini di dukung oleh stand pameran yang di desain dengan menggunakan properti dari bambu, pameran berupa satwa dan souvenir gratis.

Anak didik Konservasi Balai Besar KSDA Sumatera Utara dari SMP Negeri 2 Sunggal juga mendapat kesempatan tampil di panggung Climate Corner dengan Tari Putri Lopian, Tari Genjring (Etnis Jawa) dan Nyanyian Berita Cuaca pada hari pertama. Semangat buat adik-adik konservasi …

WhatsApp Image 2019-09-11 at 18.05.17
Tari Putri Lopian SMP Negeri 2 Sunggal
DSC01215.JPG
Tari Genjring SMP Negeri 2 Sunggal
DSC01201
Nyanyian Berita Cuaca

Hari kedua Balai Besar KSDA Sumatera Utara mengadakan dua sesi kuis , sesi pertama kuis di stand pameran bbksda sumut sesi kedua di panggung Climate Corner. Kuis mengenai flora dan fauna di indonesia. Siapa saja berhak menjawab, bagi pengunjung yang behasil menjawab dengan benar mendapatkan souvenir gratis dan menarik.

pameran1
Kuis di Stand BBKSDA SUMUT

Di hari kedua 6 September 2019, stand pameran masih ramai pengunjung dan anak didik Konservasi dari SMP Negeri 2 Sibolangit juga mendapat kesempatan untuk menampilkan tetrikal yang mengisahkan dua individu harimau yang terjebak jerat masyaraat yang terpasang di kawasan hutan. Yang menyebabkan kaki harimau terluka, walau sebenarnya niat bukan untuk menjerat harimau. Lalu masyarakat langsung melapor ke pihak berwajib dan langsung menolong dua harimau tersebut.

WhatsApp Image 2019-09-11 at 18.27.03.jpeg
Teatrikal Kisah Dua Harimau Terjebak jerat dari SMP Negeri 2 Sibolangit

Pada hari ketiga 7 September 2019, anak didik konservasi Balai Besar KSDA Sumatera Utara juga mendapat kesempatan untuk mengisi acara di penutupan 9thn Indonesia Climate Change Forum and Expo 2019, Binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara, penampilan pertama dari Kelompok Sadarwisata (POKDARWIS) Sibolangit berseri tampil dengan lagu Konservasi Alam Nasional & lagu Etnik Karo Tiga Sibolangit.  Penampilan kedua dari SD Dharma Medan tampil memukau dan sangat menghibur penonton dengan tari “GO Green”, selain itu SD Dharma juga menampilkan teatrikal Singkat tentang Pemilaan dan membuang Sampah pada tempatnya.

PAMERAN2
Lagu Konservasi Alam dari Kelompok Sadar Wisata Sibolangit Berseri (Kiri), Tari “Go Green” dari SD Dharma Medan

Kemeriahan dan ilmu yang di peroleh pada 9thn Indonesia Climate Change Forum and Expo 2019 dan Pekan Lingkungan Hidup ini sangat beragam dan tetap akan tersimpan bagi para pengunjung bahkan bagi pesertanya sendiri. (Ade Yunita/Balai Besar KSDA Sumatera Utara)