Kunjungan KFW di SM Karang Gading Langkat Timur Laut

langkat.PNG
Tim KFW-Pemerintah Jerman melihat kondisi Tuntong Laut di SM.KGLTL (kiri), Diskusi  bersama warga Desa Jaring Halus (kanan)

Medan, 27 September 2019

Tim KFW – Pemerintah Jerman bersama Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial, Ekonomi, Kebijakan, dan Perubahan Iklim KLHK Dr. Ir. Syaiful Anwar, M.Sc dan Tim melakukan kunjungan lapang ke beberapa desa penyangga kawasan Suaka Margasatwa Karang Gading Langkat Timur Laut, 24 – 25 September 2019. Kunjungan tim tersebut didampingi oleh Kepala Bidang Teknis BBKSDA Sumatera Utara, Ir. Irzal Azhar, M.Si dan Kepala Seksi Konservasi Wilayah II Stabat Herbert B.P. Aritonang, S.Sos, M.H.

langkat 2.PNG
Diskusi tim dengan aparat dan masyarakat Desa Paluh Kurau (kiri), Diskusi Tim bersama Kelompok Tani Indah Bersama (kanan)

Kunjungan dilakukan ke beberapa desa penyangga diantaranya Desa Jaring Halus, Desa Paluh Kurau, Desa Karang Gading, dan Desa Tapak Kuda. Selain itu tim juga mengunjungi lokasi areal kemitraan konservasi dalam rangka pemulihan ekosistem yaitu Areal Kemitraan Konservasi Kelompok Tani Hutan (KTH) Indah Bersama, KTH Gading Hijau, dan KTH Tumbuh Subur yang didalamnya terdapat demplot penetasan Tuntong Laut (Batagur borneoensis).

langkat 3.PNG
Tim KFW-Jerman bersama Puslitbang SOSEKPI, dan BBKSDA Sumatera Utara

Kunjungan ini dilakukan dalam rangka identifikasi kebutuhan dan pengumpulan informasi terkait bantuan yang akan diberikan KFW- Pemerintah Jerman dalam rangka pemulihan ekosistem mangrove SM.KGLTL, konservasi tuntong laut, pemberdayaan masyarakat desa sekitar SM.KGLTL, dan penanggulangan masalah plastik di Kawasan Mangrove Jaring Halus. (Ainy-BBKSDA Sumatera Utara)