STUDI LAPANGAN SMAIT AL- FITYAN SCHOOL MEDAN KE TWA SIBOLANGIT

alfityan
Siswia SMAIT AL-FITYAN SCHOOL study lapangan ke TWA. Sibolangit
(Photo credit : Edi Putra Ginting dan Annisa)

Sibolangit, 27 September 2019

Pengetahuan konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya  kini sangat penting untuk diketahui bagi kalangan pelajar. Bagaimana tidak, bahwa Sumber Daya Alam Hayati dan ekosistemnya dibutuhkan mahluk hidup terutama kita manusia dan mahkluk hidup lainya seperti Tumbuhan dan satwa.  Hutan sebagai Salah satu Sumber Daya alam menjadi salah satu wahana tempat pendidikan, budidaya, penelitian dan pembelajaran bagi siswi, seperti yang dilakukan  Sekolah Menengah Atas Islam Terpadu (SMA IT AL-FITYAN School Medan) Yayasan AL-FITYAN Medan  ketika melaksanakan Studi Lapangan  61 orang siswi Kelas 11 MIA (Matematika Ilmu Alam) .di Taman Wisata Alam (TWA) Sibolangit, pada Rabu 25 September  2019 yang  didampingi 4 guru pembimbing yaitu Annisa Triana Yureva, S.Pd, Nopiana, S.Pd, Marliana Nasution, S.Pd dan  Elisah.  

Sahabat Konservasi Kunjungan Studi Lapangan siswi SMAIT AL-FITYAN School Medan yang berkedudukan di Jl.Asam Kumbang Medan menitikberatkan pada pengenalan Flora dan Fauna yang ada di TWA Sibolangit serta fungsi dan manfaatnya sebagaimana tertuang dalam Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (SIMAKSI) Nomor 4495/BBKSDASU-2/2019 tanggal. Pengenalan Flora dan Fauna khususnya  disepanjang Jalur Intepretasi dibagi menjadi 3 kelompok dan dipandu langsung oleh petugas Resort CA/TWA Sibolangit. Arsenus Simbolon dan Edi Sahputra Ginting. Siswi yang dipandu disepanjang 2 km pada Jalur Interpretasi lebih mengenalkan keragaman Jenis tumbuhan (flora).  Setiap siswa diberi kesempatan untuk bertanya, mencatat, memphoto berbagai keragaman jenis tumbuhan sebagai bahan  presentase nantinya di sekolah.

Studi lapangan sudah menjadi agenda tetap setiap tahunnya di setiap sekolah Khususnya Sekolah-sekolah dari Kota Medan dan Luar Kota Medan yang datang ke TWA Sibolangit. Melalui kegiatan pembelajaran konservasi alam ini, setiap siswa dapat langsung melihat keragaman tumbuhan, keunikan alam yang dapat bisa langsung dilihat serta disini pulalah seluruh proses suksesi alam dipelajari. Hutan Konservasi TWA Sibolangit dengan Luas 24, 85 Ha menyediakan semua kebutuhan Pendidikan Konservasi Alam bagi Siswa/Siswi dari Tingkat PAUD, SD,SMP, SMA bahkan Universitas. Ayo mari Belajar Konservasi ke Taman Wisata Alam Sibolangit. Sebagai Wisata Edukasi Konservasi dan Lingkungan.

Sumber : (Samuel Siahaan – BBKSDA SUMUT)