WARGA MARELAN SERAHKAN ELANG BRONTOK

ELANG 1 NOP
Murtais menyerahkan Elang Brontok Hitam kepada petugas (gambar kiri) dan saat akan dibawa petugas ke Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit (gambar kanan)

Medan, 4 Nopember 2019

          Murtais, warga Kompleks Griya Bestari, Kecamatan Medan Marelan, Kota Medan, menyerahkan 1 (satu) individu Elang Brontok Hitam (CHE black) kepada petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara, pada Jumat 1 Nopember 2019. Dalam penjelasannya kepada petugas, Murtais menyebutkan bahwa satwa yang dilindungi ini diperolehnya dari ladangnya yang berada di Kampung Batang Ara, Kecamatan Sekrak, Kabupaten Aceh Tamiang.

          Di areal perladangan masyarakat tersebut, Elang Brontok bersama dengan musang dan tikus, dianggap sebagai hama pengganggu. Oleh karena itu masyarakat memburu keberadaannya. Bila berhasil mendapatkan Elang Brontok, maka masyarakat akan membunuhnya atau memperdagangkannya.

          Untuk mengatasi hama diladangnya, Murtais memasang jerat dan umpan. Upayanya berhasil, ketika 1 individu Elang Brontok Hitam terkena jeratan. Namun dia tidak membunuh burung tersebut, melainkan membawanya ke rumahnya di Kompleks Griya Bestari, Kecamatan Medan Marelan, Medan. Beberapa hari di rumahnya, Murtais kemudian mencari informasi tentang lembaga/instansi yang berkompeten dalam perlindungan satwa liar, melalui media sosial.

          Setelah mengetahui bahwa Balai Besar KSDA Sumatera Utara merupakan instansi yang berkompeten dalam perlindungan satwa liar, selanjutnya Murtais menghubunginya. Tidak perlu waktu lama, pada Jumat 1 Nopember 2019, petugas Balai Besar KSDA Sumatera Utara segera menjemput satwa tersebut dari rumahnya.

ELANG 1 NOPEMBER .PNG
Penitipan Elang Brontok Hitam (CHE black)
 di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit.

Kondisi fisik satwa secara kasat mata terlihat sehat, namun untuk memastikan kondisi kesehatan yang sebenarnya, serta dalam upaya merehabilitasinya sebelum dilepasliarkan, petugas membawa Elang Brontok Hitam tersebut dan menitipkannya di Pusat Penyelamatan Satwa (PPS) Sibolangit.

(Sumber : M.Ali Iqbal Nasution/BBKSDA SUMUT)